Gaji ke 13 PNS 2022 dan Pensiunan Cair Lebih Cepat? Simak Info Terbaru di Sini!

- Rabu, 18 Mei 2022 | 13:16 WIB
Apakah gaji ke 13 PNS dan Pensiunan cair lebih cepat?  (Freepik)
Apakah gaji ke 13 PNS dan Pensiunan cair lebih cepat? (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Apakah gaji ke 13 PNS 2022 dan Pensiunan cair lebih cepat? Simak informasi terbaru pada artikel ini.

Setelah Tunjangan Hari Raya (THR) kini tinggal Gaji ke 13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pensiunan yang ditunggu-tunggu kabar cairnya.

Pencairan Gaji ke 13 akan disalurkan kepada penerima setelah THR pada bulan Mei diterima pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022.

Baca Juga: Pengeroyokan Anak di Bawah Umur di Cimahi Dipicu Komentar Status WA Pacar

Terdapat informasi beredar, apakah Gaji ke 13 PNS dan Pensiunan akan cair lebih cepat?

Merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 75/PMK.05/2022 mengatur tentang pencairan gaji ke-13 PNS. Biasanya gaji ke 13 dicairkan bersamaan dengan tahun ajaran baru sekolah di pertengahan tahun.

Pada pasal 5, terdapat aturan bahwa THR dan gaji ke-13 tidak diberikan kepada PNS, Prajurit, TNI, dan anggota Polri yang termasuk dalam dua kategori, simak di bawah ini.

Baca Juga: Cegah Penularan Penyakit Mulut dan Kuku, Sentra Hewan Ternak di Jabar Akan Dikawal

- Sedang cuti di luar tanggungan negara

- Sedang ditugaskan di luar instansi pemerintah, baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang gajinya dibayar oleh instansi tempat penugasan

Dilansir Ayobandung.com dari laman setkab.go.id, Presiden Jokowi pastikan THR dan gaji ke 13 bagi ASN, TNI, pensiunan, Polri, dan pejabat lainnya.

“Pada 13 April 2022, saya telah menandatangani peraturan pemerintah tentang pemberian THR dan gaji ke-13 untuk seluruh ASN, TNI, Polri, ASN daerah, pensiunan, penerima pensiun, dan pejabat negara, serta tambahan tunjangan kinerja 50 persen untuk ASN, TNI, dan Polri aktif yang memiliki tunjangan kinerja,” kata Jokowi.

Baca Juga: Oppo Reno 7 sampai HP 5G Murah di Mei 2022, Cek 13 Oppo Terbaru 2022

Kemudian, Jokowi melanjutkan bahwa kebijakan tersebut sebagai wuju penghargaan atas kontribusi aparat pusat dan aparat daerah dalam pandemic Covid-19.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X