Cegah Penularan Penyakit Mulut dan Kuku, Sentra Hewan Ternak di Jabar Akan Dikawal

- Rabu, 18 Mei 2022 | 12:54 WIB
Cegah Penularan Penyakit Mulut dan Kuku, Sentra Hewan Ternak di Jabar Akan Dikawal (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Cegah Penularan Penyakit Mulut dan Kuku, Sentra Hewan Ternak di Jabar Akan Dikawal (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
 
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Polda Jabar akan ikut turun tangan dalam pengecekan langsung ke peternakan-peternakan di Jabar guna mencegah penularan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.
 
Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut atas instruksi yang diberikan langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Instruksi ini tertuang dalam Surat Telegram dengan Nomor STR/395/OPS/2022 tanggal 11 Mei 2022 tentang arahan dalam rangka darurat penanganan PMK.

"Pengawasan dilakukan di seluruh titik sentra hewan ternak mulai dari peternakan, rumah potong hewan hingga area penjualan," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo, Rabu, 18 Mei 2022.

 
Menurut Ibrahim, pengawasan dan pengawalan ini mesti ditangani secara cepat supaya wabah PMK tidak menyebar luas. 
 
Dengan begitu, potensi wabah PMK dapat mengganggu kestabilan pangan nasional terutama pasokan daging dari hewan ternak dapat dicegah.
 
Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengawasi jalur distribusi hewan ternak yang masuk ke Kota Bandung mengingat saat ini sedang ramai wabah penyakit kuku dan mulut (PMK) pada hewan ternak.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana menegaskan, pihaknya mengawasi secara ketat hewan ternak yang masuk ke Kota Bandung guna menghindari transmisi PMK antarwilayah yang saat ini sudah terdeteksi di beberapa daerah.

Baca Juga: Konser Anji Dibubarkan, Bagaimana Nasib Now Playing Festival yang Digelar Juni? 

"Kami juga minta teman dari Dinas Pertanian dan Peternakan untuk mengawasi jalur masuk suplai (hewan ternak) dari daerah-daerah yang memang terkena Penyakit Mulut dan Kuku. Meskipun secara teori dia juga tidak menular ke manusia," ujarnya di Balai Kota Bandung Jumat, 13 Mei 2022.

"Tapi kan kalau kita makan, mungkin saja ada pengaruh yang kita juga nggak tahu. Jadi tentunya kita juga sangat berhati-hati," ujar Yana menambahkan.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X