Ridwan Kamil Deklarasikan 'Proklamasi Lepas Masker'

- Rabu, 18 Mei 2022 | 10:53 WIB
[ ilustrasi] Ridwan Kamil Deklarasikan 'Proklamasi Lepas Masker' (Ayobandung.com/Kavin Faza)
[ ilustrasi] Ridwan Kamil Deklarasikan 'Proklamasi Lepas Masker' (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara resmi mendeklarasikan 'Proklamasi Lepas Masker''. Deklarasi ini adalah sebagai respons dalam menanggapi pelanggaran protokol kesehatan (prokes) penggunaan masker.
 
Sebagaimana diketahui Presiden Jokowi mengeluarkan kebijakan baru terkait pemakaian masker saat aktivitas di tempat terbuka dan tempat tertutup. Masyarakat kini diizinkan untuk melepas masker saat berkegiatan di tempat terbuka atau luar ruangan.
 
"Proklamasi Lepas Masker'. Akhirnya dikumandangkan, khusus untuk kegiatan outdoor," kata Ridwan Kamil dalam Instagram pribadinya, dilihat Ayobandung.com, Rabu, 18 Mei 2022.
 
 
Kang Emil, begitu dia disapa, juga mengungkapkan rasa syukurnya atas pelonggaran masker ini khususnya untuk aktivitas di luar ruangan.
 
Meski begitu, dirinya mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mengenakan masker pada situasi dan kondisi yang mewajibkan menggunakan masker.
 
"Alhamdulillah Ya Allah. Kebijakan ini berlaku kecuali kegiatan indoor, di transportasi umum dan mereka yang sakit, dan jika berada situasi yang diperkirakan rawan kesehatan, tetaplah memakai masker," ungkapnya.
 
 
Sebelumnya diberitakan, Presiden RI Joko Widodo mengumumkan pelanggaran pemakaian masker di tempat terbuka. Pengumuman ini langsung disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa 17 Mei 2022 sore.
 
"Pertama, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan  pemakai masker. Jika masyarakat  sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak memakai masker. Namun, untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi umum harus menggunakan masker," kata Jokowi.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X