KKJ - PKJB 2022, Ajang Unjuk Diri UMKM Kreatif Berwawasan Lingkungan yang Berdaya Saing

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 19:05 WIB
KKJ - PKJB 2022, Ajang Unjuk Diri UMKM Kreatif Berwawasan Lingkungan yang Berdaya Saing
KKJ - PKJB 2022, Ajang Unjuk Diri UMKM Kreatif Berwawasan Lingkungan yang Berdaya Saing

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2022, kembali digelar di Trans Convention Centre Bandung, Sabtu (14/5/2022). Event tahunan bergengsi ini bentuk kolaborasi Bank Indonesia Jawa Barat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota/Kabupaten serta Dekranasda se-Jawa Barat.

Melanjutkan sinergi dan kolaborasi yang apik di tahun sebelumnya, KKJ-PKJB kali ini menghadirkan 87 UMKM kreatif Jawa Barat dengan produk premium kriya, fashion, kuliner, animasi dan produk kreatif lainnya, yang merupakan mitra Bank Indonesia, Dekranasda dan perbankan di wilayah Jawa Barat.

Selain itu, aneka kopi premium khas Jawa Barat, produk teh unggulan Jawa Barat dengan beragam cita rasa tinggi juga dapat dinikmati mulai dari proses pengolahannya.

Baca Juga: Oppo Reno 7 dan Oppo Terbaru 2022, Cek 11 HP Favorit sepanjang Mei

KKJ - PKJB 2022, Ajang Unjuk Diri UMKM Kreatif Berwawasan Lingkungan yang Berdaya Saing

Dalam upaya mewujudkan ekosistem ekonomi hijau, KKJ-PKJB 2022 menampilkan showcasing produk UMKM sektor industri kreatif ekonomi hijau seperti ecoprint, pemanfaatan pewarna alam, daur ulang limbah tekstil menjadi pakaian ready to wear, serta pemanfaatan sisa-sisa material produksi. Konsep zero waste management juga hadir dengan menggandeng Bank Sampah Bersinar, komunitas yang pada tahun 2021 memperoleh penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai Bank Sampah Terbaik se-Indonesia.

Upaya tersebut merupakan wujud kontribusi KKJ-PKJB 2022 bagi pengembangan ekonomi hijau untuk menanggulangi kemiskinan, mendorong inklusi sosial, kelestarian lingkungan dan efisiensi sumber daya hijau untuk menanggulangi kemiskinan, mendorong inklusi sosial, kelestarian lingkungan dan efisiensi sumber daya.

Di samping tema besar Green Growth Optimism, KKJ-PKJB 2022 juga turut mendukung ekosistem ekonomi digital, melalui penerapan digital payment dalam melakukan transaksi yaitu dengan menggunakan kartu debit, kartu kredit ataupun QRIS sehingga pengunjung juga didorong untuk menikmati QRIS experience.

Lebih lanjut, kegiatan promosi, penjualan termasuk transaksi produk UMKM Jawa Barat juga dapat dilakukan melalui marketplace KKJ PKJB 2022 pada laman website karyakreatifjawabarat.com.

Baca Juga: HP Nokia Murah, Ini 6 Nokia Terbaru 2022 Harga Mulai Rp350 Ribu

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X