Haruskah Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Syawal 2022?

- Jumat, 13 Mei 2022 | 10:00 WIB
Haruskah Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Syawal 2022? Simak Penjelasannya di Sini (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)
Haruskah Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Syawal 2022? Simak Penjelasannya di Sini (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Jika di bulan Syawal 2022 berniat menjalankan puasa Syawal tetapi belum atau telah menyelesaikan puasa Syawal selama enam hari, haruskah tetap menjalankan puasa Ayyamul Bidh di bulan Syawal 2022?

Di bulan Syawal 2022 terdapat anjuran untuk menjalankan puasa Syawal selama enam hari. Di pertengahan bulan pun ada anjuran untuk menjalankan puasa Ayyamul Bidh selama tiga hari.

Niat puasa Syawal dapat dilaksanakan, baik di awal sehari setelah Idul Fitri, di pertengahan, maupun di akhir bulan Syawal. Sedangkan, puasa Ayyamul Bidh diutamakan dilaksanakan pada pertengahan bulan atau tepatnya tanggal 13, 14, dan 15 Hijriah.

Baca Juga: Niat Puasa Syawal 2022 dan Puasa Senin Kamis, Dibaca Dua Niat atau Hanya Satu?

Jika di bulan Syawal 2022 telah menjalankan puasa Syawal selama enam hari, haruskah tetap menjalankan puasa Ayyamul Bidh di bulan Syawal 2022?

Di artikel ini akan dijelaskan haruskah tetap menjalankan puasa Ayyamul Bidh di bulan Syawal 2022? Sedangkan di bulan Syawal sendiri ada puasa Syawal. Simak penjelasannya di sini.

Puasa Ayyamul Bidh

Anjuran dan keutamaan puasa Ayyamul Bidh adalah setara puasa selama setahun telah dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadis berikut ini.

Baca Juga: Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis Lengkap dengan Niatnya

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَأْمُرُنَا أَنْ نَصُومَ الْبِيضَ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ . وَقَالَ « هُنَّ كَهَيْئَةِ الدَّهْرِ

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Niat Mandi Idul Adha dan Tata Cara untuk Wanita

Kamis, 7 Juli 2022 | 12:18 WIB

7 Hikmah Qurban di Idul Adha Bagi Umat Islam

Kamis, 7 Juli 2022 | 10:14 WIB
X