Sholat Subuh Tanpa Doa Qunut, Bolehkah dan Bagaimana Hukumnya?

- Kamis, 12 Mei 2022 | 17:50 WIB
Bolehkan sholat subuh tanpa doa qunut? Ketahui hukum membaca doa qunut serta tata caranya. (Republika)
Bolehkan sholat subuh tanpa doa qunut? Ketahui hukum membaca doa qunut serta tata caranya. (Republika)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ketika mengerjakan sholat subuh umat muslim dianjurkan untuk membaca doa qunut. Doa qunut dibaca selesai melakukan gerakan i'tidal. Lalu bolehkan sholat subuh tanpa doa qunut? Ketahui hukum membaca doa qunut serta tata caranya.

Pada dasarnya tentang anjuran membaca doa qunut pada saat sholat subuh para ulama berbeda pendapat. Menurut mahzab Syafi'i dan Maliki berpendapat bahwa membaca doa qunut saat sholat subuh merupakan hal yang dianjurkan. Pandangan ini berdasarkan hadist riwayat Anas bin Malik yang artinya:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam senantiasa melakukan qunut pada shalat Subuh sampai beliau meninggalkan dunia” (HR. Ahmad).

Baca Juga: Ini Beda Gaji ke 13 CPNS PNS dan PPPK yang Harus Anda Tahu

Sedangkan mahzab Hambali dan Hanafi, berpandangan bahwa membaca doa qunut saat sholat subuh bukanlah hal yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim. Pandangan ini didasarkan atas hadist:

“Rasulullah melakukan qunut selama sebulan, mendoakan jelek kepada satu kelompok (salah satu kabilah dari Bani Sulaim) kemudian beliau tidak melakukan qunut lagi” (HR. Bukhari Muslim).

Lantas bolehkah sholat subuh tanpa doa qunut? Bagaimana hukum membaca doa qunut serta tata caranya? Ketahui jawabannya melalui ulasan berikut ini.

Hukum Membaca Doa Qunut saat Sholat Subuh

Meskipun dianjurkan, namun dalam mahzab Syafi'i membaca doa qunut tergolong sebagai sunnah ab'ad, yaitu suatu kesunnah jika tidak dilakukan maka tidak akan menyebabkan dosa atau batalnya suatu ibadah. Akan tetapi dianjurkan untuk menggantinya dengan sujud syahwi.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X