Mengapa Alquran Menggunakan Bahasa Arab? Ini Alasannya

- Senin, 9 Mei 2022 | 16:46 WIB
Produksi Alquran di percetakan Syamil Quran, Jalan Babakan Sari, Kiaracondong, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Produksi Alquran di percetakan Syamil Quran, Jalan Babakan Sari, Kiaracondong, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Mengapa Alquran, atau kitab suci umat Islam, menggunakan bahasa Arab?

Dilansir Republika, berikut ini alasannya.

Mantan Mufti Mesir, Syekh Dr Ali Jum'ah memberi penjelasan mengenai alasan mengapa wahyu Alquran diturunkan menggunakan bahasa Arab, bukan bahasa lain.

Baca Juga: BMKG Beberkan Penyebab Bandung Raya Terasa Gerah Seminggu Terakhir

Syekh Ali mengawali pemaparannya dengan menyebutkan perbedaan antara bahasa yang sakral dan kesakralan bahasa.

Dia mengatakan, bahasa yang sakral adalah bahasa di mana teks-teks disebutkan diyakini oleh masyarakatnya bahwa bahasa yang digunakannya berasal dari Tuhan. Contohnya adalah bahasa Ibrani dan Aram yang diyakini merupakan bahasa Al-Masih. Termasuk juga bahasa Arab, bahasa yang sakral karena digunakan dalam menurunkan Alquran.

Sementara itu, untuk kesakralan bahasa, Syekh Ali Jum'ah menyampaikan bahwa hal itu tidak ada. Sebab, bahasa adalah organisme hidup yang tumbuh dan berkembang serta bercabang. Karena itu, bahasa yang sakral itu dilestarikan agar bisa dipahami.

Baca Juga: Pelaku Penginjak Alquran di Mata Tetangga, Ternyata Begini Sikapnya Saat di Cianjur

Syekh Ali Jum'ah menambahkan, Allah SWT menugaskan bahasa Arab agar menjadi bahasa Alquran. Sebab, bahasa Arab memiliki ciri khas yang dikandungnya sehingga Alquran diturunkan dalam bahasa Arab.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Niat Mandi Idul Adha dan Tata Cara untuk Wanita

Kamis, 7 Juli 2022 | 12:18 WIB

7 Hikmah Qurban di Idul Adha Bagi Umat Islam

Kamis, 7 Juli 2022 | 10:14 WIB
X