Makna Kupat Lebaran Ketupat 2022, Dari Ngaku Lepat Hingga Laku Papat

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 15:26 WIB
Makna kupat atau ketupat dalam peringatan Lebaran Ketupat 2022 atau Kupatan Syawal, dari ngaku lepat hingga laku papat (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)
Makna kupat atau ketupat dalam peringatan Lebaran Ketupat 2022 atau Kupatan Syawal, dari ngaku lepat hingga laku papat (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Apa makna kupat atau ketupat dalam peringatan Lebaran Ketupat 2022 atau Kupatan Syawal? Simak pembahasannya di artikel ini mulai dari bermakna ngaku lepat hingga laku papat.

Pekan depan akan ada perayaan Lebaran Ketupat 2022 atau Kupatan Syawal. Lebaran Ketupat atau Kupatan Syawal diperingati pada setiap 8 Syawal atau sepekan setelah dirayakannya Idul Fitri pada 1 Syawal.

Lebaran Ketupat atau Kupatan Syawal merupakan tradisi warisan yang pertama kali dikenalkan oleh Sunan Kalijaga, salah satu anggota Wali Songo. Pengenalan kupat atau ketupat adalah sebagai sarana media dakwah dalam menyebarkan Islam pada masa itu.

Baca Juga: Oppo Reno 7 hingga HP Oppo Terbaru, Ini 7 HP 5G Murah Mei 2022

Lebaran Ketupat atau Kupatan Syawal mulanya hanya sebuah perayaan wujud syukur kepada Allah SWT yang dilaksanakan oleh lingkup masyarakat kecil saja. Seiring dengan perkembangan waktu Lebaran Ketupat atau Kupatan Syawal kini telah menjadi tradisi yang banyak dikenal oleh masyarakat luas.

Lalu apa makna kupat atau ketupat dalam peringatan Lebaran Ketupat 2022 atau Kupatan Syawal, mulai dari bermakna ngaku lepat hingga laku papat. Simak uraiannya di sini.

Makna kupat atau ketupat

Momentum Idul Fitri, Lebaran Ketupat atau Kupatan Syawal, dan Idul Adha identik dengan hidangan utamanya yaitu ketupat. Menurut masyarakat Jawa ketupat disebut dengan kupat.

Baca Juga: Cek 9 HP Xiaomi Terbaru 5G Murah Mei 2022, Poco F4 GT dan Xiaomi Terbaru 2022

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Niat Mandi Idul Adha dan Tata Cara untuk Wanita

Kamis, 7 Juli 2022 | 12:18 WIB

7 Hikmah Qurban di Idul Adha Bagi Umat Islam

Kamis, 7 Juli 2022 | 10:14 WIB
X