Kapan Lebaran Ketupat 2022? Ini Tanggal, Makna, Sejarah, dan Cara Membuatnya

- Jumat, 6 Mei 2022 | 20:33 WIB
Kapan Lebaran Ketupat 2022? Simak tanggal, makna, sejarah Lebaran Ketupat, dan cara membuat ketupat atau kupat yang akan dibahas di sini. (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)
Kapan Lebaran Ketupat 2022? Simak tanggal, makna, sejarah Lebaran Ketupat, dan cara membuat ketupat atau kupat yang akan dibahas di sini. (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)

Kapan Lebaran Ketupat 2022? Simak tanggal, makna, sejarah Lebaran Ketupat, dan cara membuat ketupat atau kupat yang akan dibahas di artikel ini.

LENGKONG. AYOBANDUNG.COM – Lebaran Ketupat atau Idul Abror merupakan sebuah tradisi yang rutin dijalankan oleh masyarakat Jawa setiap tahun.

Jadi, sebenarnya Lebaran Ketupat bukan perayaan lebaran yang wajib karena Islam hanya memiliki dua lebaran, yakni Idul Fitri dan Idul Adha.

Lebaran Ketupat umumnya diperingati pada 8 Syawal, seminggu setelah perayaan Idul Fitri pada 1 Syawal.

Lebaran Ketupat diselenggarakan setelah umat muslim menjalankan puasa Syawal selama 6 hari. Umumnya puasa Syawal dimulai pada tanggal 2-7 Syawal. Kemudian pada 8 Syawal diperingati lah Lebaran Ketupat.

Baca Juga: Kiper Baru Persib Ceritakan Pengalaman Masa Lalu yang Tak Terlupakan

Pada tahun ini kapan Lebaran Ketupat 2022 diselenggarakan? Simak uraian tanggal, makna, sejarah Lebaran Ketupat, dan cara membuat ketupat atau kupat di sini.

Kapan Lebaran Ketupat 2022

Berdasarkan keputusan Kementerian Agama (Kemenag) Indonesia Idul Fitri 2022 atau 1 Syawal 1443 H ditetapkan jatuh pada 2 Mei 2022.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Niat Mandi Idul Adha dan Tata Cara untuk Wanita

Kamis, 7 Juli 2022 | 12:18 WIB

7 Hikmah Qurban di Idul Adha Bagi Umat Islam

Kamis, 7 Juli 2022 | 10:14 WIB
X