Tata Cara Puasa Syawal, Lengkap dengan Niat dan Keutamaannya

- Selasa, 3 Mei 2022 | 12:32 WIB
Simak tata cara puasa syawal, lengkap dengan niat puasa Syawal dan keutamaannya (Freepik.com)
Simak tata cara puasa syawal, lengkap dengan niat puasa Syawal dan keutamaannya (Freepik.com)

Simak tata cara puasa syawal, lengkap dengan niat puasa Syawal dan keutamaannya

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Umat muslim dianjurkan berlomba-lomba dalam mengumpulkan amal, salah satunya yakni dengan melakukan puasa syawal setelah bulan suci ramadhan.

 
Seperti puasa wajib yang telah dilaksanakan pada bulan suci ramadhan kemarin, puasa syawal ternyata sama untuk cara dan pelaksanaannya.

Hanya saja pelafalan niat puasa Syawal yang membedakannya. Seperti diketahui, setelah melaksanakan 30 hari berpuasa pada bulan suci ramadhan, umat muslim kini disunahkan untuk melakukan puasa Syawal.

Baca Juga: Oppo Reno 7 Harga Mei 2022, Cek 9 Oppo Terbaru 2022 5G Murah

Dilansir NU Online, Idealnya tata cara puasa syawal dilakukan persis setelah hari raya idul fitri, yakni pada tanggal 2-7 Syawal.

Meski begitu, tidak masalah jika seseorang melakukan puasa syawal tersebut tidak secara  berurutan, atau diluar tanggal tersebut.

Sehingga, umat muslim yang melakukan puasa syawal tersebut meski secara berurutan, maka tetap mendapat keutamaan puasa Syawal seakan puasa wajib setahun penuh.

Seperti yang telah disebutkan dalam suatu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, “Siapa saja yang berpuasa Ramadhan, kemudian dilanjutkan dengan enam hari di bulan Syawal, maka seperti pahala berpuasa setahun,".

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X