8 Amalan Sunnah Bulan Syawal 2022 Selain Puasa Syawal Setelah Idul Fitri

- Selasa, 3 Mei 2022 | 09:30 WIB
8 amalan sunnah bulan Syawal 2022 selain puasa Syawal setelah Idul Fitri (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)
8 amalan sunnah bulan Syawal 2022 selain puasa Syawal setelah Idul Fitri (Ayobandung.com/Herawati Ningsih)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Artikel ini akan membahas 8 amalan sunnah bulan Syawal 2022 selain puasa Syawal setelah Idul Fitri.

Bulan Ramadhan telah berakhir dan kini waktu telah memasuki bulan Syawal yang diawali dengan Idul Fitri. Di bulan Syawal terdapat amalan sunnah bulan Syawal yang dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat muslim.

Umumnya masyarakat lebih mengenal amalan sunnah bulan Syawal hanya melakukan puasa Syawal saja, yakni selama enam hari di awal bulan Syawal. Namun, tidak hanya puasa Syawal saja yang menjadi amalan sunnah bulan Syawal.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Bandung untuk Libur Lebaran 2022, Hits dan Instagramable

Ternyata terdapat 8 amalan sunnah bulan Syawal 2022 selain puasa Syawal setelah Idul Fitri yang akan dibahas di sini. Simak uraian berikut ini.

  1. Sholat berjamaah

Amalan sunnah bulan Syawal yang pertama adalah sholat berjamaah. Di bulan Ramadhan mayoritas umat muslim akan lebih bersemangat menjalankan sholat berjamaah di masjid daripada bulan lainnya.

Alangkah baiknya kebiasaan sholat berjamaah ini terus dilakukan meskipun bulan Ramadhan telah berakhir. Sholat berjamaah memiliki keutamaan lebih banyak dibanding sholat sendirian.

صَلاَةُ الْجَمَاعَة أفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً
“Rasulullah SAW bersabda: Sholat berjamaah lebih utama dari sholat sendirian sebanyak 27 derajat,” (HR Bukhari: 645 dan Muslim: 650).

Baca Juga: Poco M4 5G Rilis Harga 2 Jutaan, Kamera Keren Chipset Tangguh

  1. Sholat malam

Amalan sunnah bulan Syawal yang kedua adalah sholat malam. Bulan Syawal merupakan bulan peningkatan ibadah. Ibadah yang telah dilakukan selama bulan Ramadhan hendaknya dilanjutkan pada bulan Syawal ini, seperti ibadah sholat malam.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X