Puasa Syawal Dimulai Kapan? Simak Niat Puasa Syawal

- Selasa, 3 Mei 2022 | 08:30 WIB
[Ilustrasi] Puasa Syawal Dimulai Kapan? Simak Niat Puasa Syawal (Pixabay)
[Ilustrasi] Puasa Syawal Dimulai Kapan? Simak Niat Puasa Syawal (Pixabay)

Banyak mungkin penasaran puasa syawal dimulai kapan? Berikut penjelasannya lengkap dengan niat puasa Syawal.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Setelah melewati bulan Ramadhan yang penuh berkah, umat Islam bisa kembali meningkatkan ibadah di bulan Syawal. Salah satunya dengan melaksanakan puasa Syawal.

Saat ini puasa Syawal dapat dilakukan sehari setelah Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri atau mulai 2 Syawal 1443 Hijriah.

Sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, terkait puasa syawal dimulai kapan, umat Islam dapat melaksanakan ibadah sunnah puasa Syawal selama enam hari berturut-turut.

Baca Juga: 11 Samsung Terbaru 2022 Kelas HP 5G Murah 3 Jutaan, Ini Daftarnya di April 2022

"Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh", (HR Muslim).

Dengan melaksanakan puasa Syawal secara berurutan, maka akan terasa lebih mudah. Hal ini juga untuk menjaga momentum keimanan kita dalam level terbaik.

Tidak jarang jika dilakukan tidak secara berurutan akan menimbulkan keengganan untuk melakukannya. Menjalankan puasa Syawal secara berurutan juga bisa menjadi tanda kita sedang berlomba-lomba dalam hal kebaikan yang diperintahkan.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Syaikh Ibnu ‘Utsaimin yang berkata: “Lebih utama puasa Syawal dilakukan secara berurutan karena itulah yang umumnya lebih mudah. Itu juga tanda berlomba-lomba dalam hal yang diperintahkan".

Umat Islam juga diperbolehkan untuk berpuasa selama enam hari meskipun tidak berurutan namun masih tetap masuk di bulan Syawal agar tidak terlalu berat.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X