Hukum Haji Metaverse, Begini Penjelasan MUI Soal Kabah Online

- Kamis, 28 April 2022 | 13:29 WIB
Tentang hukum haji metaverse yang ramai menuai kritik belakangan ini. Menanggapi hal itu, MUI memberikan penjelasan tentang Kabah online. (Pixabay/HaticeEROL)
Tentang hukum haji metaverse yang ramai menuai kritik belakangan ini. Menanggapi hal itu, MUI memberikan penjelasan tentang Kabah online. (Pixabay/HaticeEROL)

Tentang hukum haji metaverse yang ramai menuai kritik belakangan ini. Menanggapi hal itu, MUI memberikan penjelasannya tentang Kabah online.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Inisiatif Arab Saudi menghadirkan Kabah virtual versi metaverse, Virtual Black Stone Initiative, menuai polemik di kalangan umat Islam dunia.

Inisiatif ini memungkinkan memungkinkan umat Islam melihat secara virtual batu yang dihormati secara agama yaitu Hajar Aswad, atau Batu Hitam, di Makkah.

Pembuatan Kabah versi virtual di metaverse. Proyek ini telah diluncurkan pada akhir 2021 oleh Imam Besar Masjidil Haram Syekh Abdurrahman Sudais dan dibentuk oleh Badan Urusan Pameran dan Museum Arab Saudi, bekerja sama dengan Universitas Umm al-Qura.

Di antara pertanyaan yang banyak menjadi perdebatan adalah terkait bolehkah berhaji menggunakan Kabah versi metaverse?

Baca Juga: Ricky Kambuaya Bicara Soal Ekspektasi Tinggi Bobotoh

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan rencana Arab Saudi yang akan menghadirkan platform metaverse untuk melihat maupun mengelilingi Kabah melalui virtual reality (VR) mesti dimaknai hanya sebagai simulasi ibadah haji semata.

“Platform itu harus dimaknai secara positif untuk memudahkan calon jamaah haji dan calon jamaah umroh untuk meng-‘eksplore’ lokasi-lokasi di mana nanti akan dilaksanakan aktivitas ibadah dengan mengetahui secara presisi di mana lokasi Kabahnya,” ujar Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam di Jakarta, dilansir situs resmi MUI.

Tentang hukum haji metaverse

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Niat Puasa Asyura untuk Besok 8 Agustus 2022

Minggu, 7 Agustus 2022 | 19:53 WIB
X