H-6 Lebaran Belum Dapat THR? Lapor ke Sini!

- Selasa, 26 April 2022 | 17:38 WIB
H-6 Lebaran Belum Dapat THR? Lapor ke Sini! (Pexels/Ahsanjaya)
H-6 Lebaran Belum Dapat THR? Lapor ke Sini! (Pexels/Ahsanjaya)

Saat ini sudah menjelang H-6 Lebaran dan Anda belum dapat THR? Segera lapor atau adukan hal tersebut kepada Kementerian Ketenagakerjaan atau Kemnaker.

Adapun dalam Peraturan THR 2022 yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor M/1/HK.04/IV/2022 tanggal 6 April 2022 tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan Tahun 2022, disebutkan bahwa maksimal pencairan THR H-7 sebelum hari H Lebaran.

Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan mengimbau kepada pengusaha atau pemberi kerja untuk memperhatikan dua hal, yakni:

Baca Juga: Jadwal Lebaran NU, Muhammadiyah, dan Pemerintah Sama 2 Mei?

  1. Perusahaan diimbau segera melakukan pembayaran atau memberikan THR Keagamaan kepada pekerja atau buruh.
  2. Perusahaan yang memiliki profit tinggi dan ekspansi yang terus membaik, diimbau untuk memberikan THR lebih kepada pekerja atau buruh.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, besaran THR 2022 dikembalikan kepada aturan semula seiring situasi ekonomi yang membaik. Besaran yang dimaksud yakni 1 bulan gaji bagi yang sudah bekerja minimal 12 bulan.

Adapun bagi yang kurang dari 12 bulan, besarannya dihitung secara proporsional.

Aturan pembayaran THR 2022 ini harus kontan atau tidak dicicil.

Baca Juga: Guru Honorer Madrasah di KBB Bisa Dapat THR, Begini Penjelasan Kemenag

THR tidak hanya diberikan kepada pekerja tetap. Pekerja kontrak, outsourcing, tenaga honorer, buruh harian lepas di kebun-kebun, supir, bahkan pekerja rumah tangga atau ART berhak mendapatkan THR.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X