Pihak Rusia Sudah Mulai Bicara Soal Perang Dunia III

- Selasa, 26 April 2022 | 10:52 WIB
[Ilustrasi] Potensi pecahnya Perang Dunia III tidak bisa diremehkan. Ini mengingat konflik Rusia dengan Ukraina masih berlangsung. (Pixabay/ELG21)
[Ilustrasi] Potensi pecahnya Perang Dunia III tidak bisa diremehkan. Ini mengingat konflik Rusia dengan Ukraina masih berlangsung. (Pixabay/ELG21)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan, potensi pecahnya Perang Dunia III tidak bisa diremehkan. Ini mengingat konflik di Ukraina masih berlangsung, dan peluang terjadinya perang tersebut nyata.

“Bahayanya serius, ini nyata. Anda tidak bisa meremehkannya,” kata Lavrov mengomentari potensi terjadinya Perang Dunia III saat diwawancara kantor berita Interfax, Senin, 25 April 2022.

Kendati demikian, dia mengisyaratkan bahwa Rusia masih bersedia menyelesaikan konflik dengan Ukraina lewat negosiasi.

“Niat baik memiliki batasnya, tapi jika tidak timbal balik, ia tidak membantu proses negosiasi. Namun kami terus terlibat dalam negosiasi dengan tim yang didelegasikan (Presiden Ukraina Volodymyr) Zelensky, dan kontak ini akan terus berlanjut,” ucap Lavrov.

Terkait keberlanjutan proses tersebut, Lavrov melayangkan kritik terhadap Zelensky. Menurutnya, Zelensky hanya “berpura-pura” bernegosiasi.

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Siaga Status Level 3, BMKG Bilang Begini

“Dia aktor yang bagus. Jika Anda memperhatikan dengan seksama dan membaca dengan seksama apa yang dia katakan, Anda akan menemukan seribu kontradiksi,” ujarnya.

Sebelum terpilih sebagai presiden, Zelensky memang dikenal sebagai aktor dan komedian. Meski menuding Zelensky hanya berpura-pura, Lavrov menekankan, konflik di Ukraina akan berakhir dengan penandatanganan kesepakatan.

“Tetapi parameter kesepakatan ini akan ditentukan oleh keadaan pertempuran yang akan terjadi pada saat kesepakatan tersebut menjadi kenyataan,” kata Lavrov.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X