Jelang Lebaran, Pembersih Makam Dadakan Bermunculan di Cianjur

- Senin, 25 April 2022 | 20:38 WIB
Jelang Lebaran, Pembersih Makam Dadakan Bermunculan di Cianjur (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)
Jelang Lebaran, Pembersih Makam Dadakan Bermunculan di Cianjur (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah pembersih makam dadakan bermunculan di tempat pemakaman umum (TPU) di Kabupaten Cianjur sepekan menjelang Hari Raya Idulfitri atau Lebaran 2022.

Mereka berharap mengais rejeki untuk memenuhi tambahan kebutuhan keluarga di saat Lebaran, baik itu membeli baju baru hingga menyajikan makanan enak.

Pantauan di TPU Sirnalaya I dan II di Jalan Siliwangi, sejumlah pembersih makam dadakan yang didominasi ibu-ibu membawa sapu lidi dan arit duduk menunggu peziarah.

Baca Juga: Jadwal Pengumuman Seleksi Berkas BUMN 2022

Sudah menjadi tradisi, sebelum, saat lebaran dan sesudahnya peziarah membludak untuk mendatangi makam keluarga maupun saudaranya.

Siri Rokiyah (43) pembersih makam dadakan yang tinggal di sekitar TPU mengatakan, sudah bertahun-tahun dirinya menjadi pembersih makam khusus Lebaran.

Baca Juga: Oppo Reno 7 hingga Oppo A96, Ini 9 HP Oppo Terbaru 5G Murah April 2022

“Iya setiap tahun jadi bersih-bersih  makam, lumayan  buat nambahin kebutuhan Lebaran,” kata Siti pada Ayobandung.com, 25 April 2022.

Pendapatan dari jasa bersih-bersih makam, Siti dan kawan-kawan selama Lebaran rata-rata meraup Rp500.000 hingga Rp1.000.000.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X