Cara Membuat NPWP Online Mudah, Lengkap dengan Syaratnya

- Jumat, 22 April 2022 | 20:31 WIB
Sebetulnya, cara membuat NPWP online, atau dikenal sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak tidaklah sulit. (Andika Muhammad Rizki)
Sebetulnya, cara membuat NPWP online, atau dikenal sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak tidaklah sulit. (Andika Muhammad Rizki)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Sebetulnya, cara membuat NPWP online, atau dikenal sebagai Nomor Pokok Wajib Pajak tidaklah sulit.

NPWP adalah dokumen yang wajib untuk dimiliki oleh setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki penghasilan.

Direktorat Jenderal Pajak telah memberikan informasi mengenai cara membuat NPWP online yang dapat dilakukan di mana saja.

Menurutnya, sistem self assessment yang berlaku di Indonesia mewajibkan Wajib Pajak untuk dapat melaksanakan pemenuhan kewajiban perpajakannya secara mandiri, tak terkecuali dalam hal pendaftaran.

Langkah awal yang wajib kamu tahu, cara membuat NPWP online dilakukan dengan cara mengunjungi situs resmi pajak.go.id.

Baca Juga: Syarat Naik Bus untuk Mudik Lebaran Idulfitri 2022

Menurut Dirjen Pajak, Wajib Pajak yang memperoleh penghasilan dari usaha dengan penghasilan bruto/kotor/omzet kurang dari 4,8 Miliar Rupiah per tahun diperkenankan untuk memilih salah satu dari tarif pajak penghasilan yang berlaku.

Tarif berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 adalah sebesar 0,5 persen.

Adapun mengenai syarat membuat NPWP online adalah mengunggah foto atau hasil scan dokumen sesuai dengan kolom yang tersedia.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X