Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar yang Populer di Masyarakat

- Kamis, 21 April 2022 | 22:10 WIB
Ada sejumlah ciri-ciri malam lailatul qadar yang diyakini kerap muncul saat Ramadhan. Tetapi, apakah riwayatnya dapat benar sahih (Pixabay/chiplanay)
Ada sejumlah ciri-ciri malam lailatul qadar yang diyakini kerap muncul saat Ramadhan. Tetapi, apakah riwayatnya dapat benar sahih (Pixabay/chiplanay)

Ada sejumlah ciri-ciri malam lailatul qadar yang diyakini kerap muncul saat Ramadhan. Tetapi, apakah riwayatnya dapat benar sahih?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pada malam lailatul qadar, para malaikat dan ar-Ruh (yang dimaksud adalah Malaikat Jibril) turun ke bumi. Para malaikat itu turun dengan membawa rahmat dan keberkahan.

Maulana Muhammad Zakariyya al-Kandahlawi dalam kitab Fadha'il Ramadhan menjelaskan, Lailatul qadar merupakan malam yang penuh dengan kemuliaan.

Pada malam itu, kata dia, diturunkan Alquran yang memiliki kemuliaan melalui seorang malaikat yang juga sangat mulia dan diterima seorang nabi yang juga sangat mulia.

Qadar bisa bermakna ukuran. Ukuran segala sesuatu itu ditetapkan pada malam itu, rezeki seseorang, apakah dia bahagia atau tidak? Sampai setahun ke depan ditetapkan pada malam itu. Lailatul qadar memiliki sejumlah keistimewaan. Betapa tidak. Pada malam itu Alquran diturunkan. Selain itu, lailatul qadar itu lebih baik dari 1.000 bulan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Lailatul Qadar, Ini 6 Ciri-ciri dan Tandanya

Lailatul qadar membawa kedamaian dan rasa aman kepada siapa saja yang menjumpainya sampai terbit fajar. Dalam sebuah riwayat, yang dimaksud fajar adalah terbit fajar di keesokan harinya.

Tapi, hatta mathla'il fajr berarti sampai tiba saatnya fajar kehidupannya yang baru di akhirat nanti. Lalu, seperti apa cirinya dan apakah semua orang bisa merasakannya? Jawabannya dipaparkan oleh Suara.com lewat uraian tanda-tandanya.

Berikut ciri-ciri malam lailatul qadar yang populer di kalangan masyarakat.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berapa Hari Puasa Rajab 2023? Haruskah Berurutan?

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:50 WIB
X