Puluhan Pengelola Dana Umat UPZ Kecamatan di Cianjur Diduga Sudah Berbohong

- Senin, 18 April 2022 | 20:26 WIB
[Ilustrasi beras zakat] Puluhan kader aktif salah saru partai politik di kepengurusan UPZ diduga sudah berbohong pada tim seleksi di Kabupaten Cianjur. (Pixabay/Peggy_Marco)
[Ilustrasi beras zakat] Puluhan kader aktif salah saru partai politik di kepengurusan UPZ diduga sudah berbohong pada tim seleksi di Kabupaten Cianjur. (Pixabay/Peggy_Marco)

CIANJURAYOBANDUNG.COM — Puluhan kader aktif salah saru partai politik di kepengurusan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) kecamatan diduga sudah berbohong pada tim seleksi. Padahal mereka akan mengurusi dana umat Muslim di Kabupaten Cianjur.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Cianjur menyatakan sebelumnya, setiap calon pengurus UPZ kecamatan membuat surat pernyataan tidak terlibat langsung partai politik atau anggota partai tertentu.

“Dalam proses seleksi UPZ kecamatan kan sudah membuat surat pernyataan tidak terlibat sebagai anggota maupun pengurus partai politik,” terang Hilman Saukani pada Ayobandung.com, Senin 18 April 2022.

Jika mereka yang sudah membuat surat pernyataan ternyata ialah anggota juga pengurus parpol, menurut Hilman, maka mereka dapat disimpulkan sudah berbohong.

Baca Juga: Persib dan David Da Silva Digugat Terkait Persipura, PSSI Pasang Badan

“Silakan simpulkan sendiri, jelas bahwa mereka sudah membuat surat pernyataan,” katanya.

Kalau memang terbukti pengurus UPZ kecamatan kader aktif parpol, tegas Hilman, mereka harus membuat pilihan karena memang berbenturan dengan aturan.

“Tetap menjadi mengurus UPZ kecamatan atau tetap di parpol, baik sebagai pengurus maupun anggota,” tandasnya.

Diketahui, Kader aktif dari salah satu partai politik mendominasi pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) tingkat kecamatan, hal tersebut semakin memperkuat dugaan adanya politisasi di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Cianjur.

Dari informasi yang dihimpun Ayobandung.com, dominasi salah satu parpol di kepengurusan UPZ kecamatan merupakan upaya untuk suksesi Pemilu 2024 di Kabupaten Cianjur.

Baca Juga: Hengky Kurniawan Pastikan Penanganan Longsor di Rongga KBB Maksimal

Berdasarkan data yang diterima dari sumber di internal parpol tersebut, pengurus UPZ merupakan kader aktif, selain pengurus di DPC maupun PAC, bahkan ada yang sebagai ketua PAC.

“Iya, Kang, emang kader aktif di parpol kita, yang ditandai merah didaftar UPZ itu, nah itu orang parpolnya,” kata narasumber Ayobandung.com saat di kediamannya pekan lalu. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X