Sebelum Mudik, Simak Syarat Naik Kereta Api Lebaran April 2022

- Minggu, 17 April 2022 | 12:48 WIB
Calon penumpang beraktivitas di Sky Bridge PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Stasiun Bandung, Jalan Kebon Jeruk, Kecamatan Andir, Kota Bandung. Jelang Idulfitri 2022, ada aturan mudik Lebaran 2022 dengan calon penumpang kini wajib mematuhi syarat naik kereta api. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Calon penumpang beraktivitas di Sky Bridge PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Stasiun Bandung, Jalan Kebon Jeruk, Kecamatan Andir, Kota Bandung. Jelang Idulfitri 2022, ada aturan mudik Lebaran 2022 dengan calon penumpang kini wajib mematuhi syarat naik kereta api. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Jelang Idulfitri 2022, ada aturan mudik Lebaran 2022 dengan calon penumpang kini wajib mematuhi syarat naik kereta api.

Penumpang harus menyertakan syarat antigen dan PCR jika belum vaksin booster. Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kemenhub nomor 39 tahun 2022 yang disesuaikan kepada SE Satgas Covid-19 nomor 16 tahun 2022.

Kepala Humas KAI Daop II Bandung, Kuswardoyo mengatakan pihaknya telah memberlakukan kebijakan terbaru tersebut sejak, Selasa, 5 April 2022 lalu.
 
"Terkait SE Satgas Covid-19, kalau KAI mengacu pada SE Kemenhub dan kebetulan tanggal 4 Kemarin SE Kemenhub sudah keluar, SE nomor 39 2022 KAI sejak tanggal 5 sudah menerapkan aturan terkait perubahan aturan dari SE nomor 25 ke 39," kata Kuswardoyo saat dihubungi, Kamis, 7 April 2022.
 
 
Terkait aturan baru mudik Lebaran 2022, Kuswardoyo mengungkapkan, ada perbedaan yang mencolok dari SE Kemenhub terbaru soal aturan perjalanan. Menurutnya, saat ini, bebas syarat antigen dan PCR hanya berlaku kepada mereka yang telah disuntik vaksin booster.
 
"Sementara yang lengkap atau dua kali vaksin tetap harus menyertakan bukti Anti gen atau pun PCR sementara yang satu kali harus menyertakan bukti PCR," ungkapnya. 
 
Meski begitu, menurutnya aturan ini tetap tidak berlaku bagi anak berusia di bawah 6 tahun. "Aturan ini tetap tidak berlaku di anak di bawah 6 tahun," imbuhnya.
 
 
Kuswardoyo mengungkapkan, pihaknya sempat menemui kendala dalam penerapan aturan SE Kemenhub terbaru ini. Seperti keluhan dari calon penumpang terkait perubahan aturan. 
 
"Tapi mereka paham setelah dikasi tahu, mereka langsung antigen, kebetulan kami masih ada 4 stasiun yang melayani antigen, Bandung Kircon l, Tasikmalaya dan Banjar," pungkasnya terkait aturan baru mudik Lebaran 2022.
 
Aktivitas petugas dan penumpang di Stasiun Bandung, Jalan Stasiun Barat, Kota Bandung, Jumat, 24 Desember 2021. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan sebanyak 1.539 perjalanan pada masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) yang telah berlangsung mulai 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

 

Berikut uraian lengkap syarat naik kereta api jarak jauh untuk mudik Lebaran 2022.

  1. Penumpang KA jarak jauh yang telah mendapatkan vaksin ketiga (booster) tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Tes Antigen pada saat proses boarding
  2. Penumpang KA yang baru mendapatkan vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam
  3. Penumpang KA yang baru mendapatkan vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam
  4. Penumpang KA yang belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam
  5. Penumpang KA dengan usia di bawah enam tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

Baca Juga: Krisis Ekonomi Korea Selatan Tahun 1998 dalam Drama Twenty Five Twenty One

Sementara syarat naik kereta api lokal dan aglomerasi, yakni:

  1. Wajib menunjukkan kartu vaksin dosis pertama
  2. Tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen atau RT-PCR.
  3. Penumpang dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

"Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya,” kata VP Public Relations KAI, Joni Martinus.

Dalam rangka memperlancar proses pemeriksaan, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi PeduliLindungi untuk memvalidasi data vaksinasi dan hasil tes Covid-19 pelanggan.

Baca Juga: Doa setelah Tahajud dengan Dalil, Bacaaan Arab, dan Artinya

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X