Ukraina Bakal Dapat Tambahan 500 Juta Euro untuk Senjata Lawan Rusia

- Jumat, 8 April 2022 | 18:21 WIB
Pengucuran dana tambahan sebesar 500 juta euro untuk menyediakan dan memasok senjata bagi Ukraina telah disetujui Ketua Dewan Eropa. (Pixabay/SamuelFrancisJohnson)
Pengucuran dana tambahan sebesar 500 juta euro untuk menyediakan dan memasok senjata bagi Ukraina telah disetujui Ketua Dewan Eropa. (Pixabay/SamuelFrancisJohnson)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Ketua Dewan Eropa Charles Michel mendukung proposal tentang pengucuran dana tambahan sebesar 500 juta euro untuk menyediakan dan memasok senjata bagi Ukraina.

Proposal itu telah disetujui 27 negara anggota Uni Eropa pada Kamis ,7 April 2022.

“Setelah disetujui dengan cepat, ini akan menghasilkan 1,5 miliar euro dukungan Uni Eropa yang telah disediakan untuk peralatan militer bagi Ukraina,” kata Michel lewat akun Twitter pribadinya. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell karena telah mengusulkan proposal tersebut.

Sebelumnya Uni Eropa telah menyetujui paket bantuan militer sebesar 1 miliar euro untuk Ukraina.

“Ini mungkin tampak seperti banyak, tetapi 1 miliar euro adalah apa yang kami bayarkan kepada (Presiden Rusia Vladimir) Putin setiap hari untuk energi yang dia berikan kepada kami,” kata Borrell.

Baca Juga: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Jual Beli NFT

Dana bantuan militer untuk Ukraina berasal dari dana perdamaian Eropa senilai 5 miliar euro yang dibentuk oleh negara-negara anggota Uni Eropa.

Pada Kamis lalu, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytry Kuleba meminta negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) untuk menyediakan dan memasok senjata yang dibutuhkan Ukraina untuk melawan Rusia.

“Agenda saya sangat sederhana, ia hanya mempunyai tiga pokok di atasnya; senjata, senjata, dan senjata,” kata Kuleba kepada awak media di markas NATO di Brussels, Belgia.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X