Jumlah Rakaat Shalat Tarawih Lengkap dengan Penjelasan dan Keutamaannya

- Senin, 4 April 2022 | 18:34 WIB
Berapa jumlah rakaat shalat tarawih, apakah 11 rakaat atau 23 rakaat Mari terlebih dahulu kita telusuri terlebih dahulu arti kata tarawih. (Pexels/ Monstera)
Berapa jumlah rakaat shalat tarawih, apakah 11 rakaat atau 23 rakaat Mari terlebih dahulu kita telusuri terlebih dahulu arti kata tarawih. (Pexels/ Monstera)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Berapa jumlah rakaat shalat tarawih, apakah 11 rakaat atau 23 rakaat?

Sebelum kita membahasnya, mari terlebih dahulu kita telusuri terlebih dahulu arti kata tarawih.

Dilansir dari buku Kontroversi Shalat Malam, Witir dan Tarawih, kata tarawih sendiri berasal dari kata rahah yang memiliki makna santai, istirahat, atau tidak tergesa-gesa.

Penamaan tersebut sekedar dari para ulama, sementara Nabi saw sendiri dan sahabatnya menyebut tarawih dengan sebutan Qiyamu Ramadhan.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai jumlah rakaat, mari kita simak dahulu keutamaan shalat tarawih. Diantara keutamaan tarawih salah satunya sebagaimana hadis Nabi saw yang diriwayatkan Imam Bukhari, Muslim, dan lainnya yang berbunyi:

“Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau.” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Baca Juga: Kajian Ramadhan: Kisah Thalhah bin Ubaidillah, Sang Elang Perang Uhud

Lantas berapa banyak rakaat shalat tarawih? Mengenai jumlah rakaat, terdapat dua pendapat yang berbeda berkenaan dengan jumlah rakaat dalam shalat tarawih.

Pertama, ada imbauan bahwa tarawih dikerjakan sebanyak 11 rakaat. Sementara anjuran yang kedua meyatakan bahwa jummlah rakaat dalam tarawih seanyak 23 rakaat.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X