Muncul Tuduhan Pembunuhan Warga Sipil di Bucha, Rusia Langsung Membantah

- Senin, 4 April 2022 | 18:23 WIB
Kementerian Pertahanan Rusia membantah tuduhan 'rezim Kiev' soal pembunuhan warga sipil di Bucha, wilayah Kiev, Ukraina. (dok. Kedutaan Besar Federasi Rusia)
Kementerian Pertahanan Rusia membantah tuduhan 'rezim Kiev' soal pembunuhan warga sipil di Bucha, wilayah Kiev, Ukraina. (dok. Kedutaan Besar Federasi Rusia)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Kementerian Pertahanan Rusia membantah tuduhan 'rezim Kiev' soal pembunuhan warga sipil di Bucha, wilayah Kiev, Ukraina.

Pembantahan itu diungkapkan langsung melalui akun Instagram resmi Kedutaan Besar Federasi Rusia untuk Indonesia.Baca Juga: Siapa yang Meracuni Roman Abramovich?

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, semua foto dan video yang telah dipublikasikan oleh 'rezim Kiev', yang seakan-akan menjadi saksi beberapa kejahatan yang dilakukan oleh prajurit Rusia di Bucha, wilayah Kiev, merupakan provokasi.

Pihak Kementerian Pertahanan Rusia mengaku, selama kota itu berada di bawah kontrol pasukan Rusia dan bahkan hingga sekarang, penduduk setempat di Bucha bergerak bebas di sekitar kota dan dapat menggunakan telepon seluler.

"Selama kota itu berada di bawah kontrol pasukan Rusia, tidak ada satu pun penduduk setempat yang menderita gara-gara tindakan kekerasan apa pun. Prajurit Rusia telah mengirimkan dan mendistribusikan 452 ton bantuan kemanusiaan kepada warga sipil di wilayah Kiev", papar pernyataan tersebut.

Baca Juga: Tetapkan Awal Ramadhan 2 April 2022, Warga Arab Saudi Jalani Puasa Ramadhan Hari Ini

Jalan keluar dari Bucha juga disebut tidak terhalang, semua penduduk setempat bebas meninggalkan kota ke arah utara, termasuk ke Republik Belarus.

Pada saat yang sama, pinggiran selatan kota, termasuk daerah permukiman, ditembaki oleh pasukan Ukraina dengan artileri kaliber besar, tank, dan beberapa sistem peluncuran roket.

“Kami ingin menggarisbawahi secara khusus bahwa semua unit Rusia ditarik sepenuhnya dari Bucha pada 30 Maret, sehari setelah putaran perundingan damai tatap muka Rusia-Ukraina di Turki”, kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X