CEK FAKTA: Pengangkatan Honorer Jadi CPNS Tanpa Tes

- Minggu, 13 Maret 2022 | 07:00 WIB
Cek fakta surat edaran tenaga honorer jadi CPNS tanpa tes. (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)
Cek fakta surat edaran tenaga honorer jadi CPNS tanpa tes. (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Telah beredar surat edaran pengangkatan tenaga honorer jadi CPNS tanpa tes melalui formasi khusus. Surat tersebut memakai kop Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek.

Di dalam surat Nomor 57224/A7/HM.02.00/2022 tanggal 2 Maret 2022 itu disebutkan pengangkatan honorer jadi CPNS merupakan hasil keputusan bersama antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Komisi X DPR.

“Untuk mengisi kekosongan CPNS Tahun 2022, ada empat jenis tenaga Honorer akan diangkat menjadi PNS tanpa tes,” tulis surat tersebut.

Baca Juga: PPPK Tahap 3 Dibuka Maret 2022? Cek Kuota dan Kriterianya

Keempat tenaga honorer itu di antaranya tenaga guru, tenaga kesehatan, tenaga penyuluh pertanian, peternakan, dan perikanan, serta tenaga teknis.

Surat edaran yang mencatut nama Suharmen, salah satu JPT Madya di BKNitu juga menyebutkan beberapa syarat, salah satunya usia yang sudah 35 tahun ke atas.

Cek fakta surat edaran pengangkatan honorer jadi CPNS tanpa tes. (Instagram/@bkngoidofficial)

Meski ditandatangani Mendikbudristek Nadiem Makarim dan dicap resmi, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan surat tersebut berisi informasi menyesatkan.

Melalui akun Instagram resminya yang dikutip Ayobandung.com, Sabtu, 12 Maret 2022, BKN menyatakan isi di dalam surat itu tidak benar.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X