Ibu-ibu di Cianjur Panik Minyak Goreng Langka, Sampai Kerahkan Pasukan keluarga

- Rabu, 23 Februari 2022 | 11:59 WIB
Antrean di minimarket Cianjur akibat minyak goreng langka, Rabu, 23 Februari 2022. (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)
Antrean di minimarket Cianjur akibat minyak goreng langka, Rabu, 23 Februari 2022. (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)

 

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- minyak goreng langka jenis curah maupun kemasan di pasaran Cianjur memaksa minimarket dan supermarket memberikan kebijakan tegas. Satu orang tidak boleh membeli lebih dari dua liter minyak goreng yang dijual dengan harga eceran tertinggi (HET), yakni Rp14.000 per liter.

Kebijakan batas volume pembelian yang diberlakukan penjual itu membuat ibu-ibu rumah tangga panik. Mereka khawatir minyak goreng akan semakin langka menjelang bulan suci Ramadhan yang tinggal hitungan bulan.

Kepanikan itu berdampak pada aksi borong minyak goreng. Meski jumlah pembelian dibatasi, ibu-ibu ini bisa mengakalinya dengan berbagai cara.

Baca Juga: Diduga Ada Bongkar Minyak Goreng Satu Truk di Cianjur

Seorang ibu bahkan mengaku mengerahkan semua anggota keluarga untuk membeli minyak goreng, mulai dari ayah hingga anak-anak yang sudah dewasa, yang sudah memiliki KTP.

“Kalau tiga orang kita kerahkan, minimal satu orang maksimal dua liter, maka dalam sekali antre mendapatkan 6 liter per hari,” tutur Dewi (47), warga Kelurahan Solokpandan, Kecamatan Cianjur, kepada Ayobandung.com disela-sela antre di salah satu minimarket, Rabu, 23 Februari 2022. 

Ia mengatakan, ada dua jadwal antre di minimarket dekat rumahnya tersebut, yakni pukul 10.00 WIB dan pukul 15.00 WIB. Dewi dan keluarganya rela mengantre pagi sore dengan menggunakan pakaian yang berbeda agar tidak dikenali satpam yang berjaga.

Jika aksinya lancar, ia bisa mengumpulkan minyak goreng kemasan premium sebanyak 42 liter dalam sepekan. 

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Garut Masuk Tipe Intraslab, Ini Penjelasan BMKG

Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:48 WIB
X