Daftar Influencer yang Dipanggil Gara-gara Binary Option, Ada yang dari Bandung

- Jumat, 18 Februari 2022 | 12:29 WIB
Youtuber Doni Salmanan ikut dipanggil karena diduga fasilitasi Binary Option (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Youtuber Doni Salmanan ikut dipanggil karena diduga fasilitasi Binary Option (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah influencer dipanggil Satuan Tugas Waspada Investasi (SWI) terkait dugaan memfasilitasi investasi Binary Option. SWI memperingatkan masyarakat untuk waspada terhadap hal tersebut.

Binary Option tidak terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan. Namun, sejumlah afiliator ataupun influencer menggunakan investasi tersebut.

Ketua SWI Tongam L Tobing mengatakan, kegiatan perdagangan online yang dilakukan Binary Option ilegal karena bersifat judi, tidak ada barang yang diperdagangkan.

Baca Juga: Bukan Kantor Pinjol Ilegal, Ruko di Kosambi Bandung Digerebek karena Trading Binari Option

“Sifatnya hanya untung-untungan. Menang atau kalah dalam menebak harga suatu komoditi dan naik atau turunnya dalam periode tertentu, yang bisa merugikan masyarakat," ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat, 18 Februari 2022.

Para influencer yang dipanggil SWI di antaranya Indra Kesuma, Doni Muhammad Taufik (Doni Salmanan), Vincent Raditya, Erwin Laisuman, dan Kenneth William. Mereka diduga memfasilitasi produk Binary Option dan broker ilegal yang tidak terdaftar di Bappebti seperti Binomo, Olymptrade, Quotex, dan Octa FX serta melakukan kegiatan pelatihan perdagangan tanpa izin.

Baca Juga: HP Oppo Terbaru Rilis 18 Februari, Benarkah Oppo A76 Berapa Harganya?

SWI juga telah melakukan pertemuan virtual dengan para influencer itu dan meminta agar mereka menghentikan kegiatan promosi dan pelatihan trading serta menghapus semua konten promosi dan pelatihan trading yang ada media sosial masing-masing.

Doni Salmanan, salah satu influencer yang terjerat kasus Binary Option itu berasal dari Bandung. Ia bahkan kerap mengunggah foto bagi-bagi uang di jalanan sehingga dijuluki crazy rich Bandung.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X