CEK FAKTA: Hoaks Pengumuman Razia Masker Serentak Seluruh Indonesia 2022

- Jumat, 4 Februari 2022 | 13:47 WIB
Muncul sebuah pengumuman yang ramai diperbincangkan, yakni adanya razia masker serentak seluruh Indonesia 2022. (Istimewa)
Muncul sebuah pengumuman yang ramai diperbincangkan, yakni adanya razia masker serentak seluruh Indonesia 2022. (Istimewa)
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Muncul sebuah pengumuman yang ramai diperbincangkan, yakni adanya razia masker serentak seluruh Indonesia 2022.
 
Pengumuman razia masker serentak seluruh Indonesia 2022 ini tersebar luas di Whatsapp group dalam bentuk gambar disertai logo TNI dan Polri. Disebutkan, bahwa pengumuman itu berasal dari Ditlantas Polda.
 
Tak hanya itu, pengumuman razia masker serentak seluruh Indonesia 2022 juga menyebutkan pelanggar akan dikenai denda sebesar Rp250.000.
 
 
Berikut narasi pengumuman tersebut:
 
DARI DITLANTAS POLDA METRO BESOK ADA RAZIA MASKER SERENTAK DI SELURUH WILAYAH INDONESIA, BAIK YANG DI KANTOR, TOKO, BENGKEL MOBIL/MOTOR/LAS DAN WARUNG-WARUNG WARTEG SEMUA.

AKAN MELIBATKAN LANGSUNG TURUN LAPANGAN DARI SEMUA LINTAS SEKTOR DARI KEJAKSAAN, POLISI, POM, DLL.

DAN KALAU ADA YANG TIDAK PAKAI MASKER LANGSUNG DI TINDAK BAYAR DITEMPAT RP. 250.000.- TOLONG DI INFOKAN KE KELUARGA, TETANGGA, DAN TEMAN SEMUA, JANGAN SAMPAI KENA DENDA.

DEMIKIAN ATAS PERHATIANNYA DISAMPAIKAN TERIMAKASIH.”
 
Benarkah demikian?
 
Pemeriksaan Fakta
 
Muncul sebuah pengumuman yang ramai diperbincangkan, yakni adanya razia masker serentak seluruh Indonesia 2022. (Istimewa)
Tim cek fakta Ayobandung.com langsung menelusuri kebenaran terkait narasi yang dijelaskan dalam pengumuman tersebut.

Ditemukan fakta bahwa pengumuman yang beredar dalam Whatsapp itu adalah hoaks.
 
Baca Juga: Guru Positif Covid-19, Disdik Cimahi Kembali Setop PTM di Sekolah

Pernyataan hoaks berdasarkan keterangan Polda Metro Jaya yang menegaskan, pesan berantai soal razia serentak oleh Direktorat Lalu Lintas Polda se-Indonesia dengan denda sebesar Rp 250.000 bagi pelanggar adalah tidak benar alias hoaks.

“Informasi ini hoaks,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, informasi tentang razia masker di seluruh Indonesia dan bagi pelanggar akan dikenakan denda sebesar Rp250.000 adalah hoaks lama yang beredar kembali. 
 
 
Pada Desember 2020 dan Januari 2021 saja sudah ditemukan informasi hoaks yang sama.
 
Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelusuran, maka dapat disimpulkan pengumuman razia masker serentak seluruh Indonesia 2022 adalah hoaks. Hoaks ini termasuk hoaks lama yang beredar kembali. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X