Tidak Ada Honorer di Lingkungan Pemkab Cianjur pada 2023?

- Rabu, 26 Januari 2022 | 15:38 WIB
Kepala BKPSDM Cianjur Dadan Ginanjar mengatakan tentang tenaga honorer di Pemkab Cianjur. (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)
Kepala BKPSDM Cianjur Dadan Ginanjar mengatakan tentang tenaga honorer di Pemkab Cianjur. (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Tenaga honorer Pemkab Cianjur saat ini bimbang dengan keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI mengenai penghapusan honorer pada 2023.

Penghapusan honorer atau tenaga kerja sukarela (TKS) pada 2023 itu berlaku di instansi pemerintah baik pusat maupun daerah. Nantinya hanya akan ada Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kedua status ini nantinya akan disatukan dan disebut sebagai Aparatur Sipil Negara. Penghapusan honorer itu berangkat dari kekhawatiran pemerintah pusat terhadap daerah yang terus-menerus merekrut honorer.

Baca Juga: Lakukan Kekerasan ke Honorer, Oknum ASN Cianjur Diberhentikan Sementara

Dasar dari keputusan tersebut, sesuai pasal 88 PP Nomor 48/2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil, instansi pemerintah melarang merekrut tenaga honorer. Ketentuan penghapusan honorer juga tercantum dalam Pasal 96 PP No 49/2018 tentang Manajemen PPPK.

Lalu bagaimana nasib ribuan tenaga honorer Pemkab Cianjur saat ini?

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Cianjur Dadan Ginanjar buka suara. Diakuinya belum ada tembusan surat atau intruksi dari Kemenpan RB RI.

“Saya hanya baca dan liat saja di media online dan televisi tentang penghapusan tenaga honorer di lingkungan pemerintah, termasuk di daerah Cianjur,” kata Dadan kepada Ayobandung.com saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 26 Januari 2022.

Baca Juga: Satu Lagi Pelaku Vandalisme Babakan Siliwangi Kota Bandung Ditangkap

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X