Lulusan Universitas Unggulan Bisa Daftar Kartu Prakerja Gelombang 23? Simak Syarat Mendaftarnya

- Rabu, 26 Januari 2022 | 09:25 WIB
Apakah lulusan universitas unggulan dapat mendaftar Kartu Prakerja gelombang 23? Ini syarat mendaftar Kartu Prakerja gelombang 23. (Tangkapan layar/prakerja.go.id)
Apakah lulusan universitas unggulan dapat mendaftar Kartu Prakerja gelombang 23? Ini syarat mendaftar Kartu Prakerja gelombang 23. (Tangkapan layar/prakerja.go.id)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Simak dalam artikel ini syarat mendaftar Kartu Prakerja gelombang 23.  Pada 5 Januari 2020 yang lalu, pendaftaran Kartu Prakerja di situs resminya prakerja.go.id sudah dibuka. Hal tersebut diumumkan secara resmi di intagram @prakerja.go.id.  Hal tersebut merupakan tanda-tanda bahwa Kartu Prakerja Gelombang 23 akan segera dibuka.Oleh karena itu, segeralah Anda membuat akun Prakerja di www.prakerja.go.id.

Tujuan diadakannya program kartu prakerja adalah untuk pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang diperuntukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk para pelaku usaha mikro dan kecil.

Dikarenakan dampak pandemi Covid-19, maka untuk sementara waktu, program Kartu Prakerja akan diprioritaskan bagi pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya karena pandemi Covid-19.

Baca Juga: 19 Rekomendasi HP Oppo Terbaru Kelas HP 5G Murah RAM 8 GB 2 Jutaan

Untuk bisa mendaftar Anda harus memenuhi syarat mendaftar Kartu Prakerja gelombang 23. Adapun syarat-syaratnya yaitu Anda harus merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang berusia 18 tahun ke atas. Saat mendaftar Anda harus merupakan WNI yang tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Anda boleh mendaftar Kartu Prakerja, jika sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, kena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), pekerja bukan penerima upah atau pelaku usaha mikro dan kecil. Serta bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19. Selain itu hanya diperbolehkan 2 NIK dalam 1 KK yang boleh mendaftar Kartu Prakerja.

Anda tidak boleh mendaftar jika pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa serta perangkat desa. Anda juga tidak boleh mendaftar jika merupakan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

Baca Juga: Viral di Tiktok, 4 Link Cara Buat Emojimix dan Cara Gabungkan Emotikon

Lalu apakah lulusan universitas unggulan dapat mendaftar Kartu Prakerja gelombang 23? Dilansir ayobandung.com dari prakerja.go.id bahwa pekerja yang merupakan lulusan universitas unggulan ataupun tidak yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja dan keahlian diperkenankan untuk mendaftar kartu prakerja.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X