Siswa Madrasah Muallimin Manbaul Huda Jadi Kepala Sekolah Sehari

- Selasa, 25 Januari 2022 | 23:55 WIB
Program 'Leadership Challenge' menjadikan siswa dan siswi terpilih untuk menjadi komite sekolah dalam sehari. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Program 'Leadership Challenge' menjadikan siswa dan siswi terpilih untuk menjadi komite sekolah dalam sehari. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM -- Ada pemandangan unik di Madrasah Muallimin Persatuan Islam Manbaul Huda pada hari Selasa, 25 Januari 2022.
 
Bukan tanpa sebab, pada hari tersebut sedang diadakan program 'Leadership Challenge' yang menjadikan siswa dan siswi terpilih untuk menjadi komite sekolah.
 
Mulai dari jabatan Kepala Sekolah hingga bagian Kehumasan lengkap dibagi dan diajarkan kepada siswa siswi tersebut.
 
Bahkan, saat Ayobandung.com menyambangi ke lokasi Madrasah Muallimin Manbaul Huda nampak komite sekolah 'dadakan' ini sedang mengadakan rapat serta diskusi terkait program mereka hari itu.
 
Salah satu siswa, Haikal Septy Fadilllah yang duduk di kelas 11 terpilih menjadi kepala sekolah Manbaul Huda dalam program leadership kali ini.
 
 
Siswa berusia 17 tahun ini tampak sigap saat melakukan inspeksi di area sekolah untuk memantau kondisi persiapan dan kelangsungan kegiatan belajar mengajar.
 
Meski begitu, ia mengaku cukup tegang saat pertama kali ditunjuk menjadi kepala sekolah sehari. Menurutnya pengalaman yang didapatkan dari Leadership Challenge ini menjadi pengalaman baik serta menambah wawasan baru bagi dirinya dan siswa siswi lain yang mengikuti program tersebut.
 
"Gak nyangka aja bakal kepilih jadi Kepala Sekolah sehari, pengalaman baru juga out of the box. Meski sempet ga nyangka, tapi harus siap aja kan banyak ilmu yang bisa diambil juga dari kegiatan ini," ujar Haikal pada Selasa, 25 Januari 2022.
 
Selanjutnya, ia bergegas untuk melakukan koordinasi dengan beberapa bidang lainnya dalam melaksanakan tugas yang diemban.
 
Di antaranya ada bidang Kesantrian yang di pegang oleh Zidan Mujahid Rohendi, bidang Kesiswaan dipegang oleh Gavin Nurrafiq, bidang Sarana pra Sarana di percayakan kepada Thufail Arib Faza Rizal dan Sifa Mardiah bertugas menjadi bidang Hubungan Masyarakat.
 
Selain memantau proses KBM, Haikal juga mengemban tugas untuk mengganti andaikan ada guru yang berhalangan hadir di kelas.
 
 
"Tapi untungnya tadi mah gurunya masuk semua, ga ada yang absen," ujarnya sambil terkekeh.
 
Sementara itu, Sifa Mardiah selaku bidang Humas mengaku senang dengan kesempatan yang diberikan dalam kegiatan Leadership Challenge ini.
 
Ia pun mengaku berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap keperluan sekolah dalam memberikan informasi kepada pihak yang membutuhkan.
 
"Alhamdulillah saya diberi kepercayaan untuk menjadi Humas di Pesantren Manbaul Huda hari ini. Saya merasa sangat senang bisa mendapat pengalaman ini kan biasanya kita dapet informasi itu dari guru, tapi sekarang saya yang bertanggung jawab memberikan informasi tersebut," ujar Sifa pada kesempatan yang sama.
 
Selain itu, menurutnya tugas yang diemban bukanlah hal yang mudah. Meski begitu, ia mengaku mendapatkan banyak pelajaran dari kesempatan yang ia dapatkan bersama rekan sebayanya untuk menjadi komite sekolah.
 
"Nggak kebayang sih sebelumnya, tapi emang saya biasanya memperhatikan salah satu ustadz yang memang menjadi Wakasek Bidang Humas dan ini sebuah tantangan juga bagi saya menggantikan posisi beliau. Belajar banyak lah ya dari kesempatan ini," ujarnya.
 
Sementara itu, Mudir Pondok Pesantren Manbaul Huda, Rosihan Fahmi mengatakan, materi Leadership Challenge ini merupakan sebuah program yang bisa membentuk kepemimpinan siswa dan siswinya sejak dini.
 
 
Sehingga, lanjut dia, hal ini bisa menjadi bekal yang bermanfaat bagi para siswanya terutama dalam hal keorganisasian.
 
"Dengan program ini semoga bisa menjadi bekal dan pengalaman berorganisasi bagi para siswa sehingga jika suatu saat ada kesempatan untuk terjun langsung di organisasi, mereka setidaknya pernah memiliki pengalaman. Semoga kegiatan ini juga terus bisa dilakukan sebagai bentuk pembelajaran kepada para siswa," tandasnya. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X