Sebut Kalimantan Tempat Jin Buang Anak, Edy Mulyadi Minta Maaf Sambil 'Ngeles'

- Senin, 24 Januari 2022 | 12:06 WIB
Edy Mulyadi menyebut Kalimantan tempat jin buang anak dan meminta maaf. (Twitter/@007koteka)
Edy Mulyadi menyebut Kalimantan tempat jin buang anak dan meminta maaf. (Twitter/@007koteka)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Edy Mulyadi menjadi Trending Topic Twitter usai menyebut Kalimantan tempat jin buang anak. Mantan wartawan senior itu mengeluarkan kata-kata yang menyinggung masyarakat Kalimantan.

Hal itu disampaikannya saat membahas proyek pemerintahan Presiden Jokowi yang akan memindahkan Ibu Kota Negara ke pulau yang berseberangan dengan Malaysia itu.

Ucapan tersebut sontak mengundang reaksi dan komentar baik dari warganet maupun dari warga asli Kalimantan. Kelompok suku Dayak dan pemuda yang mendiami pulau Kalimantan mengambil sikap tegas atas pernyataan itu.

Baca Juga: Edy Mulyadi Sebut Kalimantan Tempat Jin Buang Anak, Apa Artinya?

Namun, setelah pernyataannya menjadi bola liar, Edy Mulyadi akhirnya meminta maaf. Ia sempat 'ngeles' pernyataan itu tidak bermaksud untuk melukai masyarakat Kalimantan.

Kata-kata tempat jin buang anak menurutnya sudah umum digunakan di tengah masyarakat saat ini. Ia menjelaskan, kata-kata itu memiliki arti yang menggambarkan tempat yang jauh dan terpencil.

Ia kemudian meminta maaf atas ucapan tersebut jika melukai hati masyarakat Kalimantan

"Konteks tempat jin buang anak itu menggambarkan lokasi yang jauh terpencil," ungkapnya dalam video yang diunggah oleh akun twitter @007kotek pada Senin, 24 Januari 2022.

"Tetapi bagaimanapun juga saya akan tetep minta maaf, kalau ternyata ucapan itu tadi dianggap melukai. Yang kami di Jakarta khususnya itu istilah yang sangat umum sebagaiman ada juga beberapa daerah yang secara budaya umum mohon maaf yang Jawa Timur biasa berkata-kata yang buat orang Solo, uhh.. kasar banget lu," ungkapnya lebih lanjut.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X