Tenaga Honorer Dihapus 2023, Rekrutmen PPPK Jadi Fokus di 2022

- Jumat, 21 Januari 2022 | 12:52 WIB
tenaga honorer dihapus 2023. Ilustrasi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
tenaga honorer dihapus 2023. Ilustrasi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Status tenaga honorer dihapus 2023. Kebijakan ini dikeluarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

Status pegawai pemerintah mulai 2023 hanya ada dua jenis, yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Keduanya disebut Aparatur Sipil Negara (ASN).

Tjahjo meminta, pada 2023, sudah tidak ada lagi pegawai berstatus honorer di instansi pemerintahan.

Baca Juga: Gaji ASN, Tenaga Honorer, dan Anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat Molor

"Terkait tenaga honorer, melalui PP (peraturan pemerintah), diberikan kesempatan untuk diselesaikan sampai dengan tahun 2023," kata Tjahjo pernyataan resminya.

Ia menambahkan, Pemerintah pada  2022 mengutamakan rekrutmen PPPK untuk memenuhi kebutuhan ASN di sektor pendidikan dan kesehatan.

Pemerintah juga akan mengkaji secara menyeluruh dampak dari transformasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yang akan diterapkan di seluruh instansi pemerintah.

Pemerintah mempersiapkan strategi alih tugas melalui upskilling dan reskilling agar ASN mampu melaksanakan pekerjaan yang masih dibutuhkan.

"Oleh karena itu, untuk sementara rekrutmen Tahun Anggaran 2022 difokuskan pada PPPK terlebih dahulu, khususnya untuk memenuhi kebutuhan pelayanan dasar kependidikan (guru) dan tenaga pelayanan kesehatan," kata Tjahjo.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X