Kapan Jadwal PPPK Tahap 3 Dibuka? Ini Penjelasan Kemendikbud

- Rabu, 19 Januari 2022 | 11:33 WIB
Sekretaris Ditjen GTK Kemendikbudristek Nunuk Suryani mengungkap jadwal PPPK tahap 3. (Instagram/@nunuksuryani)
Sekretaris Ditjen GTK Kemendikbudristek Nunuk Suryani mengungkap jadwal PPPK tahap 3. (Instagram/@nunuksuryani)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- jadwal PPPK tahap 3 akan dibuka pada tahun ini. PPPK tahap 3 banyak dinanti oleh peserta PPPK Guru 2021 yang belum lulus seleksi kompetensi I dan II.

jadwal PPPK tahap 3 disampaikan oleh Sekretaris Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani. Ia mengatakan, saat ini pelaksanaan seleksi kompetensi III sedang dibahas oleh Panselnas.

"Informasi terkini akan segera saya sampaikan," ujar Nunuk terkait jadwal PPPK tahap 3 dalam keterangan resminya, dikutip Ayobandung.com, Rabu, 19 Januari 2022.

Baca Juga: Jadwal Pendaftaran PPPK Tahap 3, Simak Syarat dan Kriterianya

pendaftaran PPPK tahap 3 menjadi seleksi terakhir bagi peserta ujian Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk bisa diangkat sebagai aparatur sipil negara (ASN). Syaratnya, peserta harus melakukan pemilihan kebutuhan ulang dalam SSCASN.

Jenis seleksi kompetensi III masih sama dengan seleksi kompetensi I dan II. Tiga seleksi yang harus diikuti peserta yakni Seleksi Kompetensi Teknis, Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural, dan Seleksi wawancara.

Lebih lanjut dalam Permenpan juga disebutkan, dalam Seleksi Kompetensi Teknis akan diberikan penambahan nilai bagi:

1. Pelamar yang memiliki Sertifikat Pendidik linear dengan Jabatan yang dilamar. Penambahan nilai yang didapat paling tinggi sebesar 100% dari nilai paling tinggi.
2. Pelamar yang berusia di atas 35 tahun terhitung saat melamar dan berstatus aktif mengajar sebagai guru paling singkat 3 tahun secara terus menerus sampai dengan saat ini berdasarkan data Dapodik. Penambahan nilai yang didapat sebesar 15% dari nilai paling tinggi.
3. Pelamar dari penyandang disabilitas yang sudah diverifikasi jenis dan derajat kedisabilitasannya sesuai dengan Jabatan yang dilamar. Penambahan nilai yang didapatkan sebesar 10% dari nilai paling tinggi.
4. Pelamar dari THK-II dan aktif mengajar sebagai guru paling singkat 3 tahun secara terus menerus - sampai dengan saat ini berdasarkan data Dapodik. Penambahan nilai yang didapatkan sebesar 10% dari nilai paling tinggi

Baca Juga: Cara Mengisi DRH PPPK Tahap 2 Guru, Kapan Jadwal Pengisiannya?

Menurut Permenpan RB Nomor 28 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2021, ada beberapa kriteria yang bisa mengikuti seleksi kompetensi III. Berikut ulasannya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X