Cara Membuat Kartu Identitas Anak 2022 Syaratnya Mudah

- Rabu, 19 Januari 2022 | 10:06 WIB
Ilustrasi--Kartu Identitas Anak. (Ayobandung.com)
Ilustrasi--Kartu Identitas Anak. (Ayobandung.com)



LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Langkah atau cara membuat Kartu Identitas Anak atau KIA ternyata sangat mudah. Namun, tidak semua orang tua tahu caranya.

Kartu Identitas Anak sendiri merupakan identitas wajib yang dimiliki setiap anak, untuk dapat mengakses pelayanan publik secara mandiri.

Meski pada dasarnya, setiap anak sudah memiliki identitas berupa akta kelahiran dan kartu keluarga.

Baca Juga: 3 Syarat Penerima Vaksin Booster 2022 Harus Bawa KTP

Namun pemerintah membuat hal yang lebih praktis, dengan menetapkan pembuatan KIA dalam ukuran yang lebih kecil yakni berupa kartu.

Kartu ini memuat nama anak, alamat serta golongan darah dan dapat dipergunakan di berbagai fasilitas pelayanan publik seperti Rumah Sakit, Bank dan Kantor Imigrasi.

Nantinya, kartu ini juga dapat digunakan untuk mendapat potongan harga di toko buku, minimarket maupun tempat wisata yang bekerjasama dengan pemerintah.

Baca Juga: Cara Mengganti Foto KTP Sendiri, yang Buram dan Rusak Bisa Diganti!

Sebelum mengetahui cara membuat Kartu Identitas Anak, terlebih dahulu Anda harus melengkapi syarat yang telah ditentukan.

Syarat Membuat Kartu Identitas Anak

Jika anak Anda berusia 0 hingga 5 tahun, maka syarat yang harus dipenuhi, hanyalah Kartu Keluarga (KK) orang tua.

Sementara untuk anak di atas 5 tahun dan di bawah 17 tahun, syarat untuk membuat KIA yakni membawa KTP orang tua (asli), Kartu Keluarga atau KK (asli), serta Foto anak ukuran 2 x 3.

Setelah menyiapkan persyaratan tersebut, Anda mendatangi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat dan menyerahkan segala dokumen yang telah dilengkapi.

Baca Juga: Link Video Syur Mirip Nagita Slavina 61 Detik yang Bikin Heboh

Setelah kepala dinas menandatangani dan menerbitkan KIA, maka dapat diambil oleh Mama sebagai pemohon atau orangtua/wali dari anak.

Sementara bagi anak Warga Negara Asing (WNA) dimana salah satu orangtuanya WNA, maka orangtua dapat menyerahkan dokumen kelengkapan beserta paspor ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Setelah ditandatangani oleh Kepala Dinas terkait maka KIA dapat diambil oleh pemohon.

Baca Juga: Pasangan Nikah Siri di Kota Cimahi Bisa Buat Kartu Keluarga, Bagaimana Caranya?

Adapun syarat mengurus KIA tercantum dalam Permendagri Nomor 2/2016. Meski dengan sejumlah persyaratan, namun alurnya kini lebih dimudahkan.


Itulah cara membuat Kartu Identitas Anak (KIA) yang bisa Anda terapkan.

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X