Viral Gadis Bali Menikah Tanpa Suami, Begini Faktanya

- Selasa, 18 Januari 2022 | 14:41 WIB
Sebuah video yang memperlihatkan seorang gadis Bali menikah tanpa suami tengah viral di sosial media. Begini fakta sebenarnya. (Potongan layar media sosial)
Sebuah video yang memperlihatkan seorang gadis Bali menikah tanpa suami tengah viral di sosial media. Begini fakta sebenarnya. (Potongan layar media sosial)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Sebuah video yang memperlihatkan seorang gadis Bali menikah tanpa suami tengah viral di sosial media.

Kisah ini pertama kali dibagikan oleh akun TikTok @ittauruss05. Dalam unggahan video itu, terlihat suasana pernikahan menggunakan adat Bali.

Video tersebut ditulis dengan keterangan, seorang wanita tengah duduk di kursi plastik biru yang dikelilingi sejumlah orang.

Pemilik akun @Ittaurus05 mengatakan, calon suami dari wanita tersebut jauh-jauh hari sudah menyatakan komitmennya.

"Dari awal pacaran hingga akhirnya mau menikah dia tetap berkomitmen untuk yang namanya NYETANA," tulisnya.

Nyetana adalah perkawinan di mana seorang laki-laki dipinang oleh pihak perempuan. Di mana upacara perkawinan dilakukan di rumah perempuan.

Baca Juga: Fakta Upin Ipin dan 2 Kisah Asal-usulnya yang Viral

Lalu, laki-laki ikut dalam keluarga istrinya, tinggal di rumah istri, dan semua keturunannya menjadi milik pihak keluarga istri.

Namun, Ittaurus05 mengungkapkan, setelah H-2 acara, tiba-tiba keluarga mempelai laki-laki, datang untuk menyampaikan pernyataannya yang berubah yakni tidak mau nyetana.

"Entak apa yang terjadi dengan kami semua tidak tahu, kenapa harus udah memperisakan semuanya baru menyatakan diri tidak mau nyetana," tulisnya.

Padahal, dari awal sampai menjelang acara sudah aman. persiapan prosesi pernikahan bahkan sudah berjalan.

"Dan terpaksa menikah tanpa suami demi keluarga. Syukur punya keluarga yang sangat baik dan temen yang selalu mensupport terus. Dan dari sini harus belajar berkomitmen dan tanggung jawab, harus dilaksanakan," tulisnya di akhir video.

Baca Juga: Jadwal Pendaftaran PPPK Tahap 3, Simak Syarat dan Kriterianya

Video gadis Bali menikah tanpa suami yang viral itu pun sampai ke pada pihak keluarga. Ayah Melina, I Ketut Suwardita, membenarkan kejadian yang ada di dalam video.

Diketahui pernikahan dalam video terjadi di Banjar Banda, Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali. Acaranya digelar pada 12 Januari 2022 lalu.

Sementara mempelai perempuannya bernama Ni Putu Melina (22).

I Ketut Suwardita, mengharapkan kejadian ini tidak dialami oleh orang lain, untuk itu ia ingin pengalaman pahitnya ini menjadi pelajaran bagi perempuan yang mencari sentana.

Baca Juga: Faktor Penyebab Pengisian DRH PPPK Tahap 2 Gagal dan Harus Diperbaiki

"Kami ingin ini menjadi pelajaran bagi anak perempuan yang mencari sentana, supaya tidak terjadi seperti yang dialami anak saya. Cukup kami saja yang punya pengalaman seperti ini," terangnya.

Suardika mengungkapkan, sebelum pihak lelaki membatalkan pernikahan, pihaknya telah mendapatkan penolakan dari orang tua si lelaki.

"Saat nyedekin, orang tuanya menolak tidak mau anaknya nyentana. Tapi dia (si lelaki) mengatakan, apapun keputusan orang tuanya, baik memperbolehkan atau tidak, dia akan kabur dari rumah dan akan menikah dengan anak saya," ujarnya.

Baca Juga: Kisah Upin Ipin Bukan terinspirasi Orang Mati, Kuburan Viral di TikTok Palsu

Suwardita mengatakan, atas peristiwa ini, pihaknya sudah menerima dengan ikhlas, dan tidak mau memaksa si lelaki.

"Astungkara anak saya juga tabah dan kuat merima semua ini," ucapnya mengonfirmasi viralnya video gadis Bali menikah tanpa suami. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X