Niat Puasa Ayyamul Bidh 16-18 Januari 2022 Arab, Latin, dan Artinya

- Minggu, 16 Januari 2022 | 04:00 WIB
niat puasa Ayyamul Bidh Januari 2022. Warga membaca Al-Qur'an usai melaksakan salat zuhur di Masjid Pusdai, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
niat puasa Ayyamul Bidh Januari 2022. Warga membaca Al-Qur'an usai melaksakan salat zuhur di Masjid Pusdai, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- niat puasa Ayyamul Bidh dibaca sebelum melaksanakan puasa sunnah ini. Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah di setiap tanggal 13-15 bulan hijriah, kecuali 13 Dzuhijjah yang merupakan hari tasyrik.

puasa Ayyamul Bidh Januari 2022 jatuh pada tanggal 13-15 Jumadil Akhir atau tanggal 16-18 Januari 2022. Meski puasa sunnah ini dianjurkan untuk dilakukan selama 3 hari, tetapi umat Muslim boleh melaksanakannya hanya satu atau dua hari.

Jika sesorang berpuasa Ayyamul Bidh tidak sampai 3 hari, seseorang itu akan tetap mendapatkan pahala sesuai dengan jumlah hari di mana ia berpuasa. Pahala yang sempurna hanya diperoleh oleh seseorang yang berpuasa sampai 3 hari.

Baca Juga: Simak Bagaimana Hukum Puasa Ayyamul Bidh Beserta Keutamaannya di Sini

Hal ini diutarakan dalam kitab Fatawa Ramadhan fi Al-Shiyam wa Al-Quran wa I’tikaf wa Zakat Al-Fithri sebagai berikut:

Syaikh bin Baz saat ditanya; Aku berpuasa dua hari Ayyamul Bidh dan tidak berpuasa pada hari ketiga karena ada sebagian aktifitas. Apakah pahala puasa hari ini dihitung?

Beliau menjawabnya: Tidak diragukan lagi bahwa pahala puasa dua hari tersebut di dapatkan oleh kamu jika kamu berpuasa karena Allahm tidak sum’ah atau riya’.

Pahala Puasa Ayyamul Bidh

Berikut keutamaan dan pahala puasa Ayyamul Bidh dilansir dari buku Ensiklopedi Pahala pentahqiq Farid Abdul Aziz Al-jindi. 

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hukum Menjual Tanah Wakaf, Boleh Diwariskan?

Rabu, 25 Mei 2022 | 13:51 WIB

Hukum LGBT menurut Islam dan Fatwa MUI

Senin, 23 Mei 2022 | 13:29 WIB
X