Gempa Pandeglang Dirasakan sampai Cianjur, Sejumlah Rumah Rusak

- Jumat, 14 Januari 2022 | 18:20 WIB
Fenomena gempa Pandeglang yang berkekuatan 6,7 SR di Provinsi Banten membuat sejumlah rumah mengalami kerusakan. (Dok. BNPB)
Fenomena gempa Pandeglang yang berkekuatan 6,7 SR di Provinsi Banten membuat sejumlah rumah mengalami kerusakan. (Dok. BNPB)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Fenomena gempa Pandeglang yang berkekuatan 6,7 SR di Provinsi Banten membuat sejumlah rumah mengalami kerusakan.

Getaran gempa Pandeglang pun dirasakan sampai Cianjur, Jawa Barat.

Berdasarkan siaran pers dari BNPB, gempa bumi yang terjadi pada pukul 16.05 WIB tersebut memiliki kedalaman 10 meter dengan kekuatan 6,7 magnitudo.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, gempabumi itu dirasakan kuat selama 4-5 detik di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Warga sempat berhamburan keluar rumah saat merasakan kuatnya guncangan.

Baca Juga: Dua Strategi Jabar Antisipasi Lonjakan Varian Omicron

"Laporan visual yang dihimpun dari lapangan, beberapa rumah warga di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Munjul Kabupaten Pandeglang, mengalami kerusakan di bagian atap dan teras rumah," ujar Abdul Muhari, Ph.D. Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB seperti dalam siaran pers yang diterima ayobandung.

Guncangan gempa disrasakan disejumlah daerah, seperti DKI dan sekitaranya. Bahkan sebagian warga dan pegawai kantor sempat berhamburan keluar saat gempa bumi terjadi.

"BPBD Kabupaten Cianjur juga melaporkan bahwa guncangan gempa bumi itu juga sempat dirasakan di wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya," ujarnya.

Adapun BPBD Kabupaten Lampung Barat juga melaporkan hal yang sama, bahwa guncangan gempa bumi dirasakan hingga 2-3 detik di wilayah Kabupaten Lampung Barat.

Baca Juga: Jangan Tanyakan Hal Ini kepada Bupati Cianjur

Hingga saat ini, BPBD Kabupaten Pandeglang, BPBD Provinsi DKI Jakarta, BPBD Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Lampung Barat tengah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait.

Belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa dari gempa Pandeglang. Sementara kerugian materiel masih dalam proses pendataan. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X