Dua Strategi Jabar Antisipasi Lonjakan Varian Omicron

- Jumat, 14 Januari 2022 | 15:45 WIB
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar Nina Susana Dewi menjabarkan strategi antisipasi lonjakan varian Omicron. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar Nina Susana Dewi menjabarkan strategi antisipasi lonjakan varian Omicron. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengklaim sudah memiliki dua strategi dalam mengantisipasi lonjakan Covid-19 varian Omicron.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar Nina Susana Dewi mengatakan, penanganan Covid-19 varian ini sama seperti varian-varian lainnya. Pihaknya menjadikan lonjakan Covid-19 gelombang kedua pada tahun lalu sebagai bahan rujukan untuk antisipasi Omicron Jabar.

"Kalau tidak hati-hati, kasus Covid-19 (varian Omicron) pada bulan Februari (2022) bisa naik. Tapi penularan bisa tertahan atau landai jika kita bersama-sama meningkatkan prokes (protokol kesehatan)," kata Nina ketika dikonfirmasi, Jumat, 14 Januari 2022.

Baca Juga: 14 Warga Jabar Positif Omicron, Diisolasi di 2 Lokasi

Strategi pertama dalam antisipasi lonjakan varian Omicron, kata Nina adalah dengan penguatan puskesmas. Menurut Nina, puskesmas bersama TNI/Polri dan PKK akan terus gencar melakukan tes dan telusur sebagai upaya mendeteksi dini, seperti halnya penguatan testing, tracing dan treatment (3T).

"Kita harus siap, termasuk testingnya. Baik menggunakan rapid test antigen atau PCR. Kita juga harus siap dengan Sumber Daya Manusia (SDM)," tuturnya.

Sedangkan strategi kedua, lanjut Nina, yakni berkaitan dengan penguatan rumah sakit. Selain kapasitas tempat tidur yang diperbanyak, tapi juga ketersediaan oksigen, APD, dan obat-obat akan disiapkan dengan sebaik-baiknya.

"Kami sudah mempunyai data dari gelombang kedua, mana saja rumah sakit yang bisa meningkatkan kapasitas tempat tidurnya sampai 40 persen dari total tempat tidur. Semua sudah ada datanya dan akan kami sampaikan kembali bila ada peningkatan kasus," ucap Nina.

Baca Juga: RSHS Bandung Pastikan Belum Terima Pasien Suspek Varian Omicron

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RZ-Warbaks Tantang Kaum Muda Jadi Pengusaha Berdaya

Selasa, 25 Januari 2022 | 14:17 WIB
X