Tips Cinta Tahun 2022, Cara Move On Dari Mantan Yang Paling Ampuh

- Kamis, 13 Januari 2022 | 13:29 WIB
Inilah cara move on dari mantan yang paling ampuh. (Pexels/Rodnae Production)
Inilah cara move on dari mantan yang paling ampuh. (Pexels/Rodnae Production)
 
 
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Inilah cara move on dari mantan untuk kalian yang baru aja putus cinta. Di dunia ini tak ada yang abadi. Jika ada pertemuan tentu akan ada perpisahan. Memang tidak semua relationship akan berakhir indah. 
 
Terpaan badai mungkin akan menerpa hubungan kamu dengan pasangan yang mungkin malah berujung pada perpisahan. Putus cinta memang akan membuat kita hancur berantakan. Padahal mungkin kamu telah merangkai mimpi-mimpi indah bersama pasangan. 
 
Namun, semua mimpimu itu harus pupus karena jalinan asmara kamu dengan sang kekasih harus kandas di tengan jalan.  Memang tak mudah untuk menjalani proses kehidupan paska putus cinta. Tapi tetap saja kita harus bisa menjalani itu semua. 
 
 
Berikut ini ayobandung.com berikan tips cinta tahun 2022. Dilansir dari kanal Youtube Raden Rauf, berikut cara move on dari mantan
 
1. Kamu Harus Bisa Melalui Proses Penerimaan
 
Pasca putus cinta tentu kita akan mengalami yang namanya sakit dan sedih. Lalu kita akan bertanya-tanya salah apa aku? Kurang apa akau? Pertanyaan-pertanyaan itu mungkin akan muncul dalam benak kamu. 
 
Ada kalanya kita akan marah pada keadaan. Bahkan mungkin kamu akan mencari pelarian dengan menjalani hubungan dengan orang lain. Tapi jika kamu menjalin relationship kembali tapi kamu belum bisa berdamai dengan diri sendiri, maka hubungan akan menjadi tidak sehat. 
 
Kenapa? Itu karena kamu hanya menjadikan pasangan baru kamu itu sebagai pelarian dari rasa sakit kamu pada sanga mantan. Oleh karena itu perlu adanya proses penerimaan dalam diri kamu. 
 
Disnilah perlu adanya proses penerimaan bahwa kamu dan dia (red : mantan)  sudah bukan siapa-siapa lagi. Kalian sudah bukan lagi pasangan kekasih. Karena tidak semua hal bisa berjalan sesuai dengan apa yang kamu inginkan. 
 
Percayalah bahwa ada kekuatan yang luar biasa dan rencana yang lebih baik yang telah direncanakan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk kamu. Dan benar adanya bahwa tidak semua relationship akan berakhir indah. 
 
 
Disini kamu harus menerima bahwa kamu dan pasangan sudah mencoba yang terbaik untuk menjaga relationship kalian. Namun, ternyata jalinan cinta itu harus putus. Bukankah sesuatu hal yang dipaksakan tidak akan baik? 
 
Ingat bahwa harapan adalah musuh terberatmu saat ini. Jadi stop untuk berharap bahwa kamu dan dia bisa balikan lagi. Itu akan membuat kamu untuk sulit move on. Mungkin memang putus adalah jalan yang terbaik untuk relationship yang sedang kamu jalani itu. Kamu harus menerima itu dan mencoba berdamai dengan diri kamu. 
 
2. Stop semua komunikasi dengan sang mantan
 
Ini yang terpenting. Cara untuk bisa move on memang dengan memutus semua komunikasi dengan si mantan. Kalau sedikit-sedikit kontakan, sedikit-sedikit chat, yang ada nantinya malah kamu nostalgia ngehancurin proses move on yang sedang kamu jalani. Jadi jalan terbaik untuk move on memang memutus semua komunikasi  dengan dia (red : mantan). 
 
Tapi mungkin sebagian dari kalian berpikir engga ada salahnya untuk tetap berteman dengan mantan. Memang tidak ada juga larangan untuk berteman dengan mantan. Tapi engga harus pas habis putus juga kali
 
Perlu ada waktu bagi kamu untuk memutus kontak dengan mantan. Mungkin kamu butuh beberapa minggu, satu atau dua bulan untuk memutus kontak dengan dia. Baru setelah kamu bisa berdamai dengan diri kamu, bisa menerima bahwa kamu dan dia bukan lagi pasangan kekasih, maka kamu mau berteman baik atau tidak dengan si mantan itu terserah kamu. 
 
Yang terpenting adalah kamu harus bisa berdamai dengan diri kamu. Kamu sudah tidak lagi menyalahkan keadaan. Kamu tidak lagi menyalahkan diri kamu atau pasangan atas hubungan yang gagal. Maka disitulah kamu sudah selesai menjalani proses penerimaan dan berdamai dengan diri sendiri. 
 
 
3. Kembalilah Menghabiskan Waktu dengan Orang-Orang Terdekatmu
 
Pasca putus adalah momen yang terbaik untuk kamu untuk kembali merekatkan hubungan kamu dengan orang tua, keluarga, teman-teman atau sahabat. Kebanyakan saat sedang fokus menjalani relationship, yang menjadi fokusmu adalah pasangan. 
 
Mungkin kamu menjadi jarang berkumpul dengan keluarga ataupun teman-temanmu. Padahal support system terbaik kamu adalah keluarga dan sahabat. Oleh karena itu inilah saatnya bagi kamu untuk menghabiskan waktu dengan mereka. Merekatkan kembali hubungan yang sempat renggang. 
 
4. Love Your Self
 
Pasca putus adalah momen yang tepat bagi kamu untuk memanjakan diri sendiri. Kamu bisa menghabiskan waktu untuk mejalani hobi atau jalan-jalan. 
Jika kamu memiliki passion tertentu, maka inilah saat yang tepat untuk kamu mengejarnya. Atau mungkin kamu bisa belajar hal-hal baru yang belum pernah kamu lakukan.
 
Ingat jangan sibuk hanya untuk mencari pasangan, tapi sibukankan diri untuk memperbaiki diri kamu sendiri. 
 
Setelah kamu enjoy dengan hidupmu dan merasa bahwa kamu memilik kehidupan yang menyenangkan, maka disitulah kamu akan sadar bahwa betapa berharganya dirimu. Karena jika kamu tidak bisa mencintai diri sendiri bagaimana kamu bisa mencintai orang lain. 
 
 
Kamu juga tidak akan lagi ketergantungan dengan orang lain. Kamu bisa menjadi pribadi yang lebih mandiri. Ingatlah bahwa pada akhirnya yang bisa diandalkan adalah diri kamu sendiri.
 
Love your self before you love someone! Itulah uraian singkat mengenai cara move on dari mantan. Sekian, semoga artikel ini membantu. 
 

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X