Hilangnya Pjs Selama Pilkades Cianjur Dipandang Biasa Saja

- Rabu, 12 Januari 2022 | 21:08 WIB
[Ilustrasi Pilkades] Hilangnya Pjs (Pejabat sementara) kepala desa pada pemilihan kepala desa serentak Juli 2022, dipandang biasa saja sejumlah pihak. (dok. Ayobandung.com)
[Ilustrasi Pilkades] Hilangnya Pjs (Pejabat sementara) kepala desa pada pemilihan kepala desa serentak Juli 2022, dipandang biasa saja sejumlah pihak. (dok. Ayobandung.com)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Kebijakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) yang meniadakan Pjs (Pejabat sementara) kepala desa pada pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak pada Juli 2022, dipandang biasa saja sejumlah pihak.

Salah satu pandangan itu datang dari Apdesi Kabupaten Cianjur, yang menilai tidak ada hal krusial dari dihilangkannya Pjs selama pelaksanaan Pilkades, karena sebagian besar memang habis Juli.

“Biasa saja sih kalau pendapat saya mah, tidak ada yang krusial dengan dihilangkannya Pjs selama Pilkades serentak 2022,” tutur Ketua Apdesi Kabupaten Cianjur, Beni Irawan pada Ayobandung.com, Rabu, 12 Juli 2022.

Beni menambahkan, dalam surat keputusan Bupati Cianjur tertera pelaksanaan Pilkades serentak untuk tanggal 10 Juli 2022. Ada sekitar 77 desa yang akan melaksanan Pilkades di Kabupaten Cianjur.

Baca Juga: Petugas Imunisasi Covid-19 Jemput Bola ke Pelosok Cianjur

Dari jumlah tersebut, terang Beni, memang semuanya habis per bulan Juli 2022. Walhasil, menurutnya, tidak perlu ada Pjs, karena masih bisa dijabat oleh sekretaris desa.

“Bahkan, ada juga yang habisnya setelah pelaksanaan Pilkades pada 10 Juli, usai Pilkades langsung menjabat lagi kades,” terangnya.

Akan tetapi, bila sebagian besar kepala desa habisnya bulan April, lalu pelaksanaan Pilkades Juli, maka akan jadi subtansial jika ada kebijakan dihilangkannya pjs.

Untuk tahun ini, Sebanyak 77 desa di Kabupaten Cianjur akan menggelar Pilkades serentak pada Juli 2022 mendatang.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RZ-Warbaks Tantang Kaum Muda Jadi Pengusaha Berdaya

Selasa, 25 Januari 2022 | 14:17 WIB
X