Daftar 14 Negara yang Warganya Dilarang Masuk Indonesia karena Omicron

- Senin, 10 Januari 2022 | 12:12 WIB
Ilustrasi daftar 14 negara yang warganya dilarang masuk Indonesia. Aktivitas calon penumpang di Bandara Husein Sastranegara, Jalan Pajajaran, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Ilustrasi daftar 14 negara yang warganya dilarang masuk Indonesia. Aktivitas calon penumpang di Bandara Husein Sastranegara, Jalan Pajajaran, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Meningkatnya kasus omicron di Indonesia membuat pemerintah memperketat aturan protokol kesehatan perjalanan luar negeri. Akibatnya, WNA dilarang masuk Indonesia dari 14 negara ini.

Larangan itu tercantum dalam Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomor 1 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.
Hal itu bertujuan untuk mencegah masuknya varian baru, yakni omicron.

Keputusan dalam Surat Edaran ini berlaku efektif mulai 7 Januari 2022, hingga waktu yang ditentukan kemudian.

Baca Juga: Kadinkes Konfirmasi 5 Warga Kabupaten Bandung Positif Omicron

Dengan diberlakukannya Surat Edaran ini, maka Surat Edaran Nomor 26 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi.

Ini daftar 14 negara tempat WNA dilarang masuk Indonesia, untuk mencegah perluasan omicron.

  1. Afrika Selatan
  2. Botswana
  3. Norwegia
  4. Perancis
  5. Angola
  6. Zambia
  7. Zimbabwe
  8. Malawi
  9. Mozambique
  10. Namibia
  11. Eswatini
  12. Lesotho
  13. Inggris
  14. Denmark

Sekadar diketahui, Afrika Selatan hingga Perancis merupakan empat negara yang telah mengonfirmasi adanya transmisi Omicron.

Baca Juga: RSUD Al Ihsan: Pasien Rujukan RSUD Otista Soreang Belum Pasti Omicron

Sementara delapan negara, mulai dari Angola hingga Lesotho, merupakan wilayah yang secara geografis berdekatan dengan negara transmisi komunitas kasus Omicron.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X