6 Akibat Minuman Keras Menurut Islam

- Minggu, 9 Januari 2022 | 14:00 WIB
Ilustrasi akibat minuman keras menurut Islam. Polres Cimahi melakukan pemusnahan ribuan barang bukti narkoba dan miras, Jumat 31 Desember 2021. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Ilustrasi akibat minuman keras menurut Islam. Polres Cimahi melakukan pemusnahan ribuan barang bukti narkoba dan miras, Jumat 31 Desember 2021. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Meminum minuman keras atau khamar dalam Islam hukumnya haram. Apa saja akibat minuman keras menurut Islam?

Tak hanya bahaya bagi tubuh, miras juga bisa membawa seseorang ke dalam kehancuran. Efek miras bisa memicu seseorang untuk melakukan kejahatan seperti membunuh, berzina, mencuri.

Kehancuran juga tidak hanya dirasakan di dunia, di akherat para peminum miras juga akan mendapatkan siksa.

Baca Juga: Ini Penyebab Miras Masih Bertebaran di Kabupaten Bandung

Dilaporkan Republika, sedikitnya ada enam hal yang akan menimpa orang-orang peminum khamar sebagaimana dirangkum dalam beberapa hadits yang dinukil dari kitab At Targhib wat Tarhib. Berikut akibat minuman keras menurut Islam.

1. Air Panas Api Neraka

Orang yang suka meminum khamar dan tidak tobat dengan sungguh-sungguh hingga ajal menjemput, maka telah disediakan oleh Allah minuman berupa air yang sangat panas dari neraka. Sebagaimana hadits:

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَسَقَاهُ اللَّهُ مِنْ حَمِيْمِ جَهَنَّمَ

Rasulullah ﷺ bersabda: Barangsiapa minum khamar maka Allah akam memberikan minuman dari air panas neraka jahanam. (HR. Bazzar)

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hukum Menjual Tanah Wakaf, Boleh Diwariskan?

Rabu, 25 Mei 2022 | 13:51 WIB

Hukum LGBT menurut Islam dan Fatwa MUI

Senin, 23 Mei 2022 | 13:29 WIB
X