Upayakan Kesejahteraan, RZ-Kementan Sasar Petani Milenial

- Minggu, 9 Januari 2022 | 10:00 WIB
Upayakan Kesejahteraan, RZ-Kementan Sasar Petani Milenial
Upayakan Kesejahteraan, RZ-Kementan Sasar Petani Milenial

SUBANG, AYOBANDUNG.COM – Rumah Zakat (RZ) bersinergi dengan Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia menggelar panen raya di Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (5/1/2022). Panen raya ini sebagai realisasi program Tani Muda besutan Rumah Zakat melalui pemberdayaan ekonomi berbasis pertanian yang menyasar kalangan muda milenial perdesaan.

Program Management Division Head Rumah Zakat Hermansyah mengatakan, program Tani Muda ini merupakan implementasi dari pengelolaan dana ZIS yang diamanahkan para donatur.

“Oleh karena itu, hari ini kami mengundang berbagai pihak mulai dari pemerintah, tokoh masyarakat setempat, dan juga donatur untuk menyaksikan secara langsung program pemberdayaan yang dilakukan oleh Rumah Zakat,” ungkapnya di sela-sela panen raya cabai.

Menurut Hermansyah, kebutuhan konsumsi pangan semakin meningkat, di sisi lain tantangan regenerasi sumber daya manusia (SDM) petani tetap perlu disiapkan, sehingga tidak ada kesenjangan bahkan bisa memenuhi kebutuhan pangan domestik.

Baca Juga: Biografi Frans Kaisiepo, Pahlwan Nasional Asal Biak Irian Jaya

“Pada awalnya program (Tani Muda) ini hanya diikuti 10 petani, tapi sekarang alhamdulillah sudah ada 30 petani yang bergabung. Insya Allah dengan program ini kami bisa meningkatkan kesejahteraan para petani, sekaligus memberikan dampak sosial yang lebih luas,” tutur Hermansyah.

Hadir dalam panen raya tersebut Direktur Pembiayaan Kementerian Pertanian RI Ir. Indah Megawati; Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi; Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang Nenden Setiawati; Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang Hendrawan; dan unsur Muspika Kecamatan Ciater.

Acara panen raya dan program Tani Muda Desa Palasari ini pun mendapat apresiasi dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. “Kami ucapkan terima kasih kepada Rumah Zakat dan Pemda Subang atas terjalinnya sinergitas dan kerjasama dengan Kementerian Pertanian untuk membantu para petani dalam akses permodalan bagi petani. Bantuan ini menjadi stimulan untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian, sehingga dapat menciptakan kemandirian pangan dalam upaya mewujudkan meningkatkan kesejahteraan para petani,” kata Direktur Pembiayaan Kementerian Pertanian RI Ir. Indah Megawati.

Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menambahkan, pertanian menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi masyarakat, sehingga lewat pertanian diharapkan masyarakat dapat sejahtera. Dengan perkembangan waktu dan teknologi, dibutuhkan pertanian dengan hasil yang efektif dan efisien. Pertanian menjanjikan karena sektor ini yang paling kecil terdampak pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X