Rokok Ilegal Penyebab Cianjur Tidak Berkembang, Apa Hubungannya?

- Rabu, 5 Januari 2022 | 20:57 WIB
Salah satu penyebab Cianjur tidak berkembang dianggap karena peredaraan rokok ilegal atau tidak bercukai. (MaxPixel's contributors (CC Lisence))
Salah satu penyebab Cianjur tidak berkembang dianggap karena peredaraan rokok ilegal atau tidak bercukai. (MaxPixel's contributors (CC Lisence))

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Salah satu penyebab Cianjur tidak berkembang dianggap karena peredaraan rokok ilegal atau tidak bercukai.

Klaim tersebut diungkapkan Bupati Kabupaten Cianjur, H. Herman Suherman, menanggapi anggaran pembangunan daerah di Jawa Barat, termasuk Cianjur.

“Keberadaan rokok ilegal akan sangat merugikan dan menghambat pembangunan di Cianjur,” tutur H. Herman Suherman pada Rabu, 5 Januari 2021.

Herman menjelaskan, penerimaan dari cukai hasil tembakau seperti rokok ini akan digunakan sebagai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di tiap daerah yang diberikan oleh pemerintah pusat.

Baca Juga: 2 Nenek di Cianjur Sedih Rumahnya Hangus Terbakar, Bingung Mau Tinggal di Mana

Anggaran dari DBHCHT sangat berperan penting dalam pembiayaan di berbagai sektor, seperti sektor kesehatan, penegakan hukum, dan kesejahteraan petani maupun pekerja di sektor industri.

“Anggarannya cukup besar, sehingga bisa menjadi salah satu sumber dana yang dikeluarkan pemerintah pusat,” katanya.

Menekan keberadaan rokok ilegal, terang Herman, harus melibatkan peran masyarakat.

Menurutnya, masyarakat harus mempunyai andil dan terlibat dalam menekan peredaran rokok ilegal di wilayah Kabupaten Cianjur.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RZ-Warbaks Tantang Kaum Muda Jadi Pengusaha Berdaya

Selasa, 25 Januari 2022 | 14:17 WIB
X