Varian Baru Covid-19 IHU Muncul di Prancis, Mutasinya 46 Lebih Banyak dari Omicron

- Rabu, 5 Januari 2022 | 15:49 WIB
Kembali muncul varian baru virus IHU di Prancis.
Kembali muncul varian baru virus IHU di Prancis.

AYOBANDUNG.COM - Kembali muncul varian baru Covid-19 bernama B.1.640.2 atau varian IHU.

Varian IHU berhasil diidentifikasi oleh ilmuwan asal Prancis yang nama diketahui memiliki 46 mutasi lebih banyak dibandingkan Omicron.

Dilansir dari Republika.co.id, sudah ada 12 kasus B.1.640.2 atau varian IHU yang berhasil terdeteksi di dekat Marseilles, Prancis. Kasus varian IHU tampak berkaitan dengan riwayat perjalanan pasien pertama ke Cameroon, Afrika.

Baca Juga: Viral Aksi Pemerasan dan Pengroyokan Tukang Tato di AsiA Afrika Bandung

Pasien dewasa tersebut mengalami gejala ringan, satu hari sebelum terdiagnosis dengan Covid-19 pada pertengahan November 2021.

Hasil tes menunjukkan adanya kombinasi atipikal atau tidak biasa pada mutasi genom spike yang tidak memiliki kemiripan dengan varian Delta.

Sekuensing genom lalu dilakukan untuk mendapatkan pemahaman lebih lanjut mengenai temuan tersebut. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa virus yang menginfeksi pasien tersebut merupakan varian baru.

Varian ini memiliki beberapa kesamaan mutasi dengan varian omicron. Akan tetapi, jumlah mutasinya jauh lebih banyak dibandingkan dengan omicron. Varian baru yang kini disebut sebagai varian IHU ini memiliki 46 mutasi dengan 37 deletion pada genomnya.

Baca Juga: Giat Dukung Pendidikan Vokasi, Yamaha Raih DUDI Awards Kemendikbudristek

Berdasarkan studi, varian IHU memiliki substitusi N501Y dan E484K pada bagian spike proteinnya. Selain itu, peneliti juga menemukan ada 14 substitusi asam amino dan sembilan kehilangan pada bagian spike protein.

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X