Lupa Password Kartu Prakerja, Ini Cara Mengatasinya 

- Selasa, 4 Januari 2022 | 14:47 WIB
Jika lupa password Kartu Prakerja, ini cara mengatasinya agar tidak ketinggalan mendaftarkan diri untuk program Kartu Prakerja Gelombang 23 yang akan dibuka Februari 2022 ini. (prakerja.go.id)
Jika lupa password Kartu Prakerja, ini cara mengatasinya agar tidak ketinggalan mendaftarkan diri untuk program Kartu Prakerja Gelombang 23 yang akan dibuka Februari 2022 ini. (prakerja.go.id)
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Jika lupa password Kartu Prakerja, ini cara mengatasinya agar tidak ketinggalan mendaftarkan diri untuk program Kartu Prakerja Gelombang 23 yang akan dibuka Februari 2022 ini.
 
Perlu diketahui bahwa Kartu Prakerja merupakan sebuah program semi bansos dari pemerintah yang dapat meningkatkan ataupun menambah kemampuan pencari kerja yang sudah berjalan sejak tahun 2020.
 
Program Kartu Prakerja ini terbuka bagi semua Warga Negara Indonesia (WNI) dengan rentan usia 18 tahun ke atas. Para korban PHK, karyawan, wirausaha, hingga para lulusan baru dapat coba daftar pada program Kartu Prakerja ini, namun dengan syarat tidak sedang melakukan pendidikan formal.
 
 
Pendaftaran akun pada program Kartu Prakerja dan informasi lanjutan lainnya bisa Anda dapat dengan mengunjungi situs www.prakerja.go.id
 
Karena Kartu Prakerja gelombang 23 ini yang berdasarkan data dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2022, telah menyiapkan anggaran sebesar 11 Triliun rupiah dengan target peserta mencapai 4,5 juta. 
 
Ketika sudah lolos mendaftar online Kartu Prakerja di situs www.prakerja.go.id, bantuan yang didapatkan untuk setiap peserta sebesar 3,55 juta rupiah dari pemerintah.
 
 
Pada proses pendaftaran Kartu Prakerja tentu dibutuhkan email dan password agar bisa masuk ke akun yang Anda buat. Email dan password menjadi salah satu hal penting di setiap proses pembuatan akun untuk menjaga akun Anda tetap aman.
 
Email dan nomor aktif yang dimasukkan saat membuat akun Prakerja berfungsi untuk menerima kode One-Time Password (OTP) yang merupakan sebuah password dinamis berkisar 4 hingga 6  digit angka unik dan bersifat rahasia.  
 
Lalu password yang tentunya berfungsi menjaga keamanan akun Anda dari orang lain.
 
 
Namun lupa password sering kali terjadi dan menjadi salah satu masalah yang sangat menggangu ketika kita mencoba login sesuatu, apalagi jika keadaan sedang genting. Pendaftar di Kartu Prakerja bisa jadi pernah mengalami hal ini.
 
Jika setiap pendaftar mengalami masalah lupa password yang dapat mengganggu proses untuk daftar Kartu Prakerja, berikut cara mengatasinya agar akun tetap aman dan masih bisa digunakan.
 
1. Langkah pertama, Anda perlu klik masuk pada halaman depan situs Kartu Prakerja yang bisa di akses melalui https://www.prakerja.go.id/tanya-jawab/akun-saya. Lalu klik lupa password yang ada pada halaman tersebut.
 
 
2. Selanjutnya Anda harus melakukan pengisian kolom dengan memasukkan alamat email, nomor HP, atau NIK. Pengisian alamat email, nomor HP, atau NIK sangat penting pada proses verifikasi, maka isi dengan baik dan tepat.
 
3. Lalu tunggu beberapa saat hingga Anda dikirimkan link verifikasi lewat email Anda, dan klik link tersebut untuk melanjutkan proses verifikasi untuk mengganti password baru.
 
4. Kemudian masukkan password baru Anda dan klik kirim pada kolom yang sudah tertera. Password otomatis sudah diganti dan Anda tinggal melakukan login kembali dengan password yang baru.
 
 
Itulah ketika lupa password Kartu Prakerja, ini cara mengatasinya yang semoga dapat membantu Anda untuk bisa tetap masuk ke akun yang sudah dibuat.
 
Mengganti password atau kata sandi juga  diperlukan ketika Anda sebagai pemilik akun merasa bahwa password yang Anda buat tidak terlalu aman dan mudah ditebak. 
 
Karena password merupakan hal penting demi menjaga keamanan dan kenyamanan akun Anda karena termasuk privasi bagi Anda sendiri. Maka dari itu bangun kesadaran bahwa keamanan akun Anda itu adalah hal penting dengan selalu mengingat password dan menjaganya dengan baik. (Sherine A)
 

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X