Peserta Kartu Prakerja Gelombang 23 akan Langsung Kerja?

- Selasa, 4 Januari 2022 | 12:40 WIB
Calon peserta Kartu Prakerja gelombang 23 tengah bersiap untuk mengikuti pelatihan yang rencananya akan dimulai pada Februari mendatang. (Wikimedia Commons/Riouwa (CC))
Calon peserta Kartu Prakerja gelombang 23 tengah bersiap untuk mengikuti pelatihan yang rencananya akan dimulai pada Februari mendatang. (Wikimedia Commons/Riouwa (CC))

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Calon peserta Kartu Prakerja gelombang 23 tengah bersiap untuk mengikuti pelatihan yang rencananya akan dimulai pada Februari mendatang.

Tak sedikit yang mempertanyakan soal jaminan mendapatkan pekerjaan, setelah mengikuti serangkaian pelatihan yang dilaksanakan oleh Kartu Prakerja.

Lantas, apakah peserta Kartu Prakerja gelombang 23 akan langsung kerja, setelah ikut pelatihan?

Sayangnya, mengikuti pelatihan Kartu Prakerja bukanlah jaminan bagi peserta, untuk bisa mendapatkan pekerjaan di luar sana.

Banyak hal yang membuat peserta Kartu Prakerja bisa mendapatkan sebuah pekerjaan.
 
Baca Juga: Jadwal Prakerja Gelombang 23 Diumumkan di Dashboard Cek Ini

Program Kartu Prakerja hanya membantu peserta pelatihan, untuk mendorong kesempatan mendapatkan pekerjaan atau membuka lapangan kerja, melalui akses untuk skilling, reskilling dan upskilling.

Jadi, peserta Kartu Prakerja gelombang 23 sebaiknya memutuskan matang-matang soal minat dan bidang apa yang akan digeluti kedepannya.

Karena berdasarkan data peserta, Kartu Prakerja akan memfasilitasi dengan mengembangkan kompetensi kerja yang diinginkan.
 
Baca Juga: Daftar Kartu Prakerja Gelombang 23 2022 di Sini, Ini Jadwal Resmi dan Syaratanya

Selama mengikuti pelatihan, peserta Kartu Prakerja diharapkan serius dalam menyimak dan mempelajari apa yang telah disampaikan mentor.

Sehingga tujuan dari Kartu Prakerja bisa terealisasikan, salah satunya yakni meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja.

Setelah dinyatakan lulus dalam pelatihan Kartu Prakerja, peserta akan mendapatkan sertifikat, sebagai salah satu bentuk kompetensi sesuai bidang yang telah diminati.
 

Meski bukan jaminan untuk mendapat pekerjaan di luar sana, namun dengan skill dan kompetensi yang dimiliki, tentunya patut diperhitungkan dalam dunia kerja.

Output Kartu Prakerja gelombang 23 tak melulu soal mendapatkan sebuah pekerjaan, tapi bagaimana cara peserta memanfaatkan skill dan kompetensi yang ada, untuk menciptakan sebuah pekerjaan, sehingga bisa membuka lapangan kerja. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X