Varian Omicron di Indonesia Bertambah Lagi, Kini Jadi 8 Kasus

- Kamis, 23 Desember 2021 | 14:45 WIB
Jumlah kasus Omicron di Indonesia menjadi delapan orang. Tiga kasus terkonfirmasi kali ini merupakan importasi kasus dari pelaku perjalanan. (Pixabay)
Jumlah kasus Omicron di Indonesia menjadi delapan orang. Tiga kasus terkonfirmasi kali ini merupakan importasi kasus dari pelaku perjalanan. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kementerian Kesehatan RI kembali mendeteksi kasus terkonfirmasi Omicron di Indonesia yang melibatkan tiga pelaku perjalanan internasional berdasarkan hasil pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) yang dilaporkan pada Rabu (22/12) malam.

"Dengan tambahan ini, maka jumlah kasus Omicron di Indonesia menjadi delapan orang," kata Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (23/12/2021).

Sama seperti 5 kasus sebelumnya, tiga kasus terkonfirmasi kali ini merupakan importasi kasus dari pelaku perjalanan internasional yang baru kembali dari Kongo dan Malaysia.

Baca Juga: 56 HP Vivo Terbaru 2021 Harga dan Spesikasi Lengkap

Ketiganya merupakan pekerja migran Indonesia (PMI) dan kini telah menjalani karantina di RSDC Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

“Semua kasus Omicron di Indonesia berasal dari luar negeri (imported case). Temuan ini menunjukkan bahwa semua kasus terjadi di karantina, jadi bisa kita tangkal di karantina dan sampai saat ini belum ada yang menyebar keluar,” katanya.

Baca Juga: Resmi, Tahun Depan Premium Dihapus dari Peredaran

Menurut Nadia, situasi itu menunjukkan bahwa sistem pertahanan Indonesia menangkal kehadiran varian Omicron sudah cukup baik. Namun demikian, masih diperlukan penguatan-penguatan di pintu masuk negara baik darat, laut maupun udara guna menutup celah masuknya Omicron.

Kemenkes memperkuat kegiatan surveilans dan peningkatan pemeriksaan WGS terutama bagi pasien dari pelaku perjalanan internasional yang terkonfirmasi positif.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank BTN Gelar Road Show Tabungan BTN Bisnis di Medan

Minggu, 25 September 2022 | 17:20 WIB
X