Hari Ibu Tanggal Berapa? Simak Makna Hari Ibu Nasional bagi Perempuan Indonesia

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 13:16 WIB
Hari ibu tanggal berapa? Simak juga makna hari ibu nasional bagi perempuan Indonsia di sini. ilustrasi (Pexels/Ekaterina Bolovtsova)
Hari ibu tanggal berapa? Simak juga makna hari ibu nasional bagi perempuan Indonsia di sini. ilustrasi (Pexels/Ekaterina Bolovtsova)
 
 
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hari ibu tanggal berapa? Tahukah kamu peringatan Hari Ibu di Indonesia dan dunia berbeda tanggal perayaannya? Hari ibu di Indonesia di peringati setiap tanggal 22 Desember
 
Sejarah Hari Ibu 
 
Peringatan Hari Ibu Nasional ini merupakan salah satu upaya untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia yang turut serta dalam upaya merebut kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
 
Sejarah Nari Ibu Nasional tidak lepas dari sejarah Kongres Perempuan I yang diselenggarakan pada tanggal 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta. 
 
 
Kongres Perempuan yang pertama itu diselenggarakan di Ndalem Joyodipura, Yogyakarta yang dihadiri oleh 600 perempuan dari berbagai perhimpunan wanita. 
 
Adapun organisasi perempuan yang mengirimkan utusannya pada kongres tersebut di antaranya Aisyah, Jong Java, Boedi Wanito,Karti Wara, Poetri Indonesia, dan lain-lain.
 
Hari pertama Kongres Perempuan itu pun ditetapkan menjadi acuan bagi pemerintah untuk menetapkannya menjadi Hari Ibu. 
 
Sampai akhirnya Presiden Soekarno pun meresmikan Hari Ibu Nasional dalam Dekrit Presiden RI no. 316 tahun 1953. 
 
Jadi jawaban dari pertanyaan hari ibu tanggal berapa, maka tentu setiap tanggal 22 Desember
 
Lalu apakah makna Hari Ibu Nasional bagi perempuan di Indonesia? Simak selengkapnya di sini. 
 
 
Hari Ibu Nasional merupakan gambaran perjuangan panjang bagi perempuan di Indonesia dalam mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan dalm kehidupan berbangsa dan bernegara, demi mewujudkan kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang aman tentram, damai serta adil dan makmur. 
 
Hari Ibu juga merupakan momentum untuk merenungkan apa saja yang telah dikerjakan dan apa yang belum bisa tercapai perempuan di Indonesia baik yang berhubungan dengan kepentingan kaumnya maupun kepentingan bangsa Indonesia. 
 
Mari jadikanlah juga momentum peringatan Hari Ibu ini untuk mengoreksi kekurangan dan kelemahan yang dihadapi perempuan Indonesia dalam memperjuangkan peranan dan kedudukannya didalam berbangsa dan bernegara.
 
 
Kita jadikan juga peringatan Hari Ibu ini sebagai upaya untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan menularkan  semangat perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama generasi muda, untuk mempertebal tekad dan keyakinan dalam melanjutkan perjuangan yang dilandasi semangat persatuan dan kesatuan. 
 
Sekian artikel mengenai hari ibu tanggal berapa. Selamat Hari Ibu kepada seluruh perempuan Indonesia. 
 

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X