Awal Kemunculan Metaverse, Dunia Baru di Masa Depan

- Jumat, 17 Desember 2021 | 10:50 WIB
Ilustrasi dunia Metaverse. Awal kemunculan Metaverse. (Dok. Giwangkara)
Ilustrasi dunia Metaverse. Awal kemunculan Metaverse. (Dok. Giwangkara)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Kemunculan Metaverse menjadi topik perbincangan hangat.

Banyak yang ingin cari tahu apa itu Metaverse dan seperti apa bentuknya? Metaverse adalah realitas digital alternatif tempat orang berinteraksi, bekerja, bermain dan bersosialisasi.

Kata Metaverse merupakan gabungan kata dari awalan meta dan universe. Meta artinya di luar dan universe atau alam bebas, alam semesta.

Baca Juga: Istri Menolak Poligami, Dosa?

Secara luas Metaverse itu menggambarkan perpaduan antara interaksi internet masa depan yang terdiri dari ruang virtual tiga dimensi yang persisten dan terbagi kemudian dihubungkan ke dunia virtual yang dirasakan.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg beberapa waktu lalu mengumumkan perusahaan raksasa teknologi itu akan beralih dari  media sosial menjadi perusahaan Metaverse.

Hal itu dibuatnya untuk memadukan dunia nyata dan virtual atau yang disebut dengan internet yang dibuat menjadi nyata.

Metaverse diciptakan oleh seorang penulis karya fiksi ilmiah bernama Neal Stephenson. Ia menuliskan pada novelnya pada tahun 1992 yang berjudul ‘Snow Crash’.

Baca Juga: 4 Makanan Penyebab Wajah Berminyak dan Kusam

Penulis adalah pecinta dunia dunia baru karena kebiasaaannya mengenali berbagai tren baru yang diberi nama seperti ‘Cyberspace’ yang berasal dari buku tahun 1982 Karya William Gibson tentang ‘Robot’ berasal dari drama 1920 Karya Karel Apek.

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X